Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #165 : Pasca-Lebaran, Covid-19 Naik Lagi hingga 100 Persen!

Posted: 20 Mei 2021
Comments: 0


(Sumber: www.klikdokter.com)




Wah kok bisa naik lagi, Lur?





Iya, Lur, bahkan neng beberapa provinsi naik sampe lewih dari 100 persen lho .... Nah, untuk di Jawa Tengah sendiri peningkatannya sebanyak 10 — 24 persen. Untuk penyebabnya sendiri kuwe karena peningkatan kasus Covid-19 yang selalu dibarengi peningkatan keterisian kamar di rumah sakit.





Memang dicampur kamarnya? Terus sing negatif jadi tertular?





Enggak dong! Kamar dan ruangan antara pasien Covid-19 jelas terpisah, Lur. Namun, diketahui bahwa bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian rumah sakit masih sekitar 30 persen atau kurang. "Beberapa waktu lalu angka sudah mulai turun sehingga tempat tidur covid yang semula kita peruntukan sudah ada beberapa yang sudah kita putar kembali menjadi non-covid. Memang pernah kita punya angka tempat tidur yang luar biasa. Sebelumnya kita punya ruangan isolasi 3.500, pada waktu peak sampai 78.000 tempat tidur isolasi," terang dr. Lia. Nah, dadi itu dia penyebabnya, Lur.





Kasus per harinya berapa emang, Lur?





Untuk saat ini, huniannya sekitar 30 persen dan kasus per hari sekitar 4.000 kasus. Jika kasus terus meningkat hingga 7.000 — 8.000 neng waktu yang bersamaan, bisa menyebabkan rumah sakit dadi kolaps, kata dr. Lia. Lalu, karena peningkatan kasus Covid-19 sing signifikan di sejumlah provinsi pasca-Lebaran, pihak rumah sakit arep segera melakukan langkah antisipatif untuk menekan jumlah pasien.





Terus kita harus berkontribusi apa dong?





Pakai masker! Hukumnya wajib. Jangan bandel yaa, karena pada awal bulan Juni nanti arep kembali dilaksanakan Operasi Masker Yustisi khususnya neng wilayah Purwokerto. Nah, operasi kiye memang sempat diberhentikan pada bulan April lalu dan alasannya adalah banyaknya kegiatan neng bulan Ramadan. Walaupun ora ana Yustisi, tetap ada operasi mikro di desa dan kecamatan kok ... jadi tenang aja, Lur. Kurangi juga aktivitas di luar ya, Lur .... Katanya mau kuliah offline kan? Yuk sama-sama ambil langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 ^^!










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.