Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #173 : Yuk ke Monumen Pancasila!

Posted: 1 Juni 2021
Comments: 0


(Sumber: ihategreenjello.com)




Yuk! Eh tapi ngapain, Lur?





Hari ini kan libur nasional memperingari Hari Lahir Pancasila, Lur! Daripada bingung ke mana dan ngapain aja, kita bisa lho berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti untuk berwisata sekaligus mengenang perjuangan para Pahlawan Revolusi yang mempertahankan ideologi Pancasila dari ancaman komunis, karena Monumen Pancasila Sakti menjadi bagian penting dalam perjalanan Indonesia.





Penting kenapa? Emang kuwe tempat apaan?





Gini, Lur! Jadi, Monumen Pancasila Sakti ini merupakan tempat yang menjadi saksi peristiwa Gerakan 30 September atau G30S/PKI. Monumen ini juga terdiri dari Museum Pengkhianatan PKI, Sumur Tua Lubang Buaya, Rumah Penyiksaan, Dapur Umum PKI, Pos Komando PKI, hingga mobil-mobil peninggalan Pahlawan Revolusi. Selain itu, juga terdapat tujuh patung pahlawan dan Garuda sebagai lambang NKRI pada monumen ini. Ketujuh pahlawannya, yaitu Ahmad Yani, R. Suprapto, MT Haryono, Siswondo Parman, DI Panjaitan, Sutoyo Siswomiharjo dan Pierre Tendean Ajudan.





Wah keren juga ya! Tapi kuwe di mana nih, Lur?





Momunen Pancasila Sakti ini berlokasi di Jalan Monumen Pancasila Sakti, RT 1 RW 9, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Monumen ini dapat ditempuh menggunakan bus, kereta, atau kendaraan pribadi. Monumen Pancasila Sakti buka setiap hari mulai pukul 10.00—21.00 WIB dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, Lur! Kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00.





Yah, jauh ya ternyata …





Iya nih bukan di Purwokerto☹ Eits tapi jangan khawatir, Lur! Kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Nah, buat yang mungkin ada di Jakarta dan ingin mengunjungi tempat bersejarah ini, harus tetap hati-hati ya. Jangan sampai mengotori atau merusak sesuatu yang ada di dalamnya, dan tentunya, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku ya!





Kita dapat melakukan berbagai cara untuk merayakan hari bersejarah ini, tidak hanya berkunjung pada Monumen Pancasila Sakti. Kita pun dapat melalukan berbagai upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan RI. Selamat Hari Lahir Pancasila!










Penulis : Silvia Sulistiara


Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.