Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #172 : Unsoed Cegah Gagal Panen lewat Padi Inpago

Posted: 31 Mei 2021
Comments: 0


(Sumber: faperta.unsoed.ac.id)




Padi Inpago? Apa tuh? Aku bukan anak Faperta :(





Jadi, Inpago merupakan singkatan dari inbrida padi gogo. Nah, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), telah melaksanakan uji coba terhadap padi varietas unggul tersebut pada hari Minggu, 30 Mei 2021. Bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Tanah Masyarakat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) serta Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LWMUI) .





Oh gitu ... terus apa bedanya sama padi biasa?





Varietas padi Inpago ini, memiliki beberapa keunggulan dibanding padi biasa, Lur. Seperti, daya hasil tinggi dan toleran akan kekeringan. Ibu Dyah Susanti, SP, MP, Peneliti Padi Fakultas Pertanian Unsoed yang juga pemulia Inpago Unsoed Protani, mengungkapkan, bahwa varietas unggul padi gogo ini merupakan hasil perakitan varietas para pemulia dan peneliti padi di Laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi Fakultas Pertanian Unsoed.





Wih keren! Kemarin uji cobanya dimana?





Uji coba kiye, dilakukan di lahan sawah Desa Rawajaya, Kabupaten Cilacap. Desa Rawajaya dipilih sebagai lokasi uji coba, karena dalam satu tahun, desa tersebut hanya dapat melaksanakan satu kali panen saja. Hal ini sebabkan oleh keterbatasan air pada musim tanam kedua dan ketiga.





Selain varietas Inpago Unsoed 1, varietas Inpago Unsoed Protani juga melakukan uji coba sebagai varietas unggul baru dengan karakter tahan kekeringan dan kandungan protein tinggi.





Varietas unggul inbrida padi gogo (Inpago) Unsoed 1 dan Inpago Unsoed Protani, dinilai tepat sebagai solusi permasalahan sing dihadapi petani di Desa Rawajaya.  





Fix aman dari gagal panen, dong ...





Tentu, Lur! Menurut Sukardi, Ketua Kelompok Tani Barokah Desa Rawajaya, biasanya petani di Rawajaya ragu ketika hendak menanam padi di musim kedua. Karena irigasi yang kurang lancar, menyebabkan sering gagal panen. Namun, setelah ada kegiatan demonstrasi plot padi Inpago Unsoed, pihaknya bisa menanam padi musim ini.





Semoga, Unsoed dapat terus berinovasi dalam mewujudkan visi menjadi pusat pengembangan sumberdaya pedesaan.





.










Penulis : Ardi Eka


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.