Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #205 : BPOM Resmi Izinkan Penggunaan Obat Covid-19

Posted: 15 Juli 2021
Comments: 0


(Sumber : kompas.com)




Emang udah ada obatnya, Lur?





Jadi, obat yang diberi izin edar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kiye merupakan obat terapi Covid-19. Kanggo pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau yang bergejala ringan dan melakukan isolasi mandiri, dapat menggunakan obat tersebut dalam rangka pemulihan.





Oalah ... apa nih obatnya?





Nah, sesuai Surat Edaran BPOM tentang Pelaksanaan Distribusi Obat dengan Persetujuan Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization), ada delapan jenis obat yang diizinkan sebagai obat terapi Covid-19.





Apa aja sih delapan jenis obat tersebut? Ini dia daftarnya :





a. Remdesivir





b. Favipiravir





c. Oseltamivir





d. Immunoglobulin





e. Ivermectin





f. Tocilizumab





g. Azithromycin





h. Dexametason





Nama obat-obat di atas, tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Badan POM Nomor HK.02.02.1.2.07.21.281 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor HK.02.02.1.2.11.20.1126 Tahun 2020.





Oke, nyong arep beli buat stok di rumah





Eits, nanti dulu, Lur!





Walaupun beberapa obat tersebut tergolong generik, dan bisa diakses oleh masyarakat luas, tetapi bukan berarti dapat dikonsumsi secara sembarangan. Tetap harus ada syarat, berupa resep dokter atau dalam pengawasan dokter. Ngga boleh tuh, asal beli-beli aja!





Namanya juga "emergency use", harus emergency dan konsultasi dokter dulu, baru bisa dikonsumsi~





Menurut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, pemberian izin obat terapi ini juga, diharapkan bisa memberi terobosan-terobosan baru untuk pengobatan Covid-19, serta membantu penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang sekarang sedang terjadi.





Emang kondisi sekarang gimana, sih?





Waduh ....  Melansir Worldometers, ada tambahan 54.517 kasus positif Covid-19 baru yang dilaporkan Indonesia pada Rabu (14/7). Jumlah ini, ngga cuma jadi tertinggi di Asia, tapi juga di dunia!





Untuk lengkapnya, kowe bisa cek gambar di bawah ini.





(Sumber : kompas.com)




:(





Sedih ya, Lur. Tapi kita semua kudu kuat dan saling jaga antar sesama. Dalam situasi PPKM Darurat yang belum jelas ujungnya, kita harus memaksimalkan apapun yang ada. Mulai dari obat terapi yang bisa didapatkan via dokter atau telemedecine, sampai percepatan vaksin di tiap daerah. Doa terbaik untuk negeri dan bumi ini. 🤲










Penulis : Ardi Eka


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.