Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #241 : Udah Tau Belum, Lur, Bakalan Ada Unsoed di Cilacap, nih!

Posted: 3 September 2021
Comments: 0


(Sumber : Radar Banyumas)




Hah, masa sih, Lur, yang bener bae kuwe





Ya bener dong! Saat ini Pemkab Cilacap memang sedang melakukan penjajakan kerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) perihal pendirian fakultas maupun jurusan baru di wilayah Kabupaten Cilacap, Lur.





Nantinya, bentuk kerja sama tersebut berupa hibah tanah dari Pemkab Cilacap yang akan digunakan untuk pembangunan gedung kampus.





Wihh, mantap! Mau dibangun fakultas apa tuh?





Karena Cilacap memiliki potensi perikanan yang menjanjikan, jadi rencananya akan dibangun fakultas atau jurusan perikanan, Lur. Selain itu, jurusan Kedokteran dan Ilmu Teknologi Terkini juga menjadi prioritas, lho!





Emang sekarang wis sampe tahap apa?





Menurut pernyataan dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dian Setyabudi, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan lahan beserta dokumen pendukung guna proses pembangunan kampus Unsoed di wilayah Cilacap.





Nah, sejauh ini pihak Unsoed masih di tahap memilih lokasi, Lur, karena lahan yang dibutuhkan kurang lebih 10 hektare. Selain itu, Unsoed juga mengajukan kriteria lain dalam pembangunan kampus ini, seperti lokasi yang strategis, lahan berkontur tanah darat, serta tidak adanya permasalahan dokumen lahan.





Terus gimana tuh, Lur, udah ada lahannya belum?





Lahannya sih udah ada, Lur, tapi ana beberapa kendala yang dihadapi yaitu Pemkab Cilacap tidak memiliki lahan luas dengan kontur tanah darat. Meski ada, itu pun hanya tersedia 2,5 hektare yang sudah pasti tidak memenuhi kriteria yang diajukan. Selain itu, status tanah hijau yang masih disandang sebagian besar lahan di Bantasari juga menjadi masalah tersendiri.





Emang lahan sing ditawarkan di mana aja sih, Lur?





Beberapa lahan yang ditawarkan untuk pembangunan kampus antara lain yaitu lahan seluas 2,5 hektare di jalan lingkar selatan, lahan seluas 80 hektare milik Pemda di Kecamatan Bantarsari dan juga lahan seluas 11 hektare di Tritih Kulon, yang tadinya merupakan tanah bengkok kelurahan setempat.










Penulis : Sevia Ayu Diniati


Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.