Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #71: Jelang Kemarau, Unsoed Siapkan Energi Surya!

Posted: 10 Agustus 2020
Comments: 0


Sumber: Unsoed.ac.id




Udah lama di rumah aja~





Ngga kerasa bentar lagi masuk musim kemarau nih!





Biasane jika musim kemarau area persawahan sing masih ditanami padi membutuhkan tambahan pengairan yang cukup. Salah satu yang dilakukan petani adalah dengan membuat sumur di wilayah persawahan dan memompa airnya dengan bantuan diesel. Hanya saja hal ini cukup merepotkan dan menambah biaya produksi. Nah Unsoed punya solusinya nih!





Wah, apa kuwe solusine?





Jadi ngene lur,Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Fisika, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman membuat terobosan dengan memanfaatkan energi surya.  Tim yang diketuai oleh Hartono, S.Si.,M.Si ini membuat panel surya di tengah sawah di Sokaraja Lor Kabupaten Banyumas untuk menghasilkan tenaga listrik yang dapat menggerakkan pompa air dari sumur bor.





Keren banget! Apa bae keuntungan sing bisa didapat nih?





Dengan komponen sing wis terpasang di area persawahan ini, petani tidak perlu bimbang lagi mencari pinjaman diesel atau membeli solar.  Daya listrik yang dihasilkan dari panel surya ini mencapai 300 watt. “Listrik yang dihasilkan 300 watt dan cukup untuk menggerakkan pompa air yang hanya membutuhkan 180 watt saja,” ungkap Hartono.





Tapi gimana cara kerjane kuwe?





Nah jadi lur rangkaian panel surya yang dibuat oleh Tim Pengabdian Fakultas MIPA ini terdiri dari Panel surya dua buah, baterai sebagai stabilisator, dan regulator. Setelah dipasang rangkaian panel surya ini langsung menghasilkan energi listrik dan menggerakkan pompa air sehingga air dari sumur bor segera mengaliri persawahan.  Dengan adanya pompa air yang digerakkan dengan tenaga surya ini diharapkan dapat membantu pengairan sawah ketika terjadi kemarau sehingga ketahanan pangan tetap terjaga. 





Eittss, ngga cuma itu aja lur!





Selain memasang panel surya untuk pompa tenaga air, tim ini juga memasang modul surya untuk lampu penerangan jalan Desa Tlagayasa, Bobotsari Purbalingga.  Selain Hartono, Tim Pengabdian FMIPA UNSOED adalah Dr. Abdullah Nur Azis, Farzand Abdullatif, Ph.D, Sugito, S.Si.,M.Si dan Dr.Eng Mukhtar Effendi dari Puslit Energi Baru Terbarukan.





Nah, ini ada beberapa dokumetasi kegiatan yang bisa dilihat lur!









Sangat menginspirasi kan~





Kamu juga bisa loh melakukan pengabdian untuk masyarakat~





Maju terus pantang menyerah!





Penulis: Ayu Sulistiara









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.