Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #72: Kalau Emak Kamu Tanya: “Listrik Gratis Sampai Kapan?”

Posted: 11 Agustus 2020
Comments: 0


Sumber: Merdeka.com




Emak: “Le, listrik gratis sampai kapan ya? Takutnya enggak bayar tau-tau diputus.”





Pernah dapat pertanyaan ini enggak?





Eh, iya. Sering ditanyain nih. Jadi, wis waktunya bayar belum?





Nah, bakal jadi kabar gembira nih buat emak kamu. Karena, diskon listrik 100% untuk pelanggan 450 VA dan 50% untuk 900 VA subsidi diperpanjang nganti Desember 2020.





Perasaan kemarin cuma sampai September deh gratisnya. Kepriwe kok bisa diperpanjang?





Dadi ngene. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menjelaskan, program ini berjalan mulai April 2020 karena adanya pandemi Corona. Kemudian, program listrik gratis ini diperpanjang dua kali. Pertama diperpanjang nganti September 2020. Kemudian, dengan melihat dampak Corona masih terus berjalan maka program ini diperpanjang nganti Desember. Keputusan ini diambil setelah adanya pembahasan lintas kementerian.





Wah, mantap. Anggarannya gedhe ya pastinya?





Bukan main. Anggaran subsidi untuk program sing berjalan selama 9 bulan kiye diperkirakan mencapai Rp 12,18 triliun! Kenapa bisa banyak banget? Karena stimulus listrik gratis kiye berlaku bagi 24,16 juta pelanggan listrik 450 VA dan 7,2 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.





Kuwe kan untuk rumah tangga ya, kalau stimulus untuk bisnis dan industri kepriwe?





Tenang, pemerintah juga memperpanjang stimulus ini untuk bisnis dan industri nganti Desember 2020. Untuk UMKM atau industri kecil menengah, dalam hal ini khusus untuk 450 VA dayanya. Nah, jumlah penerima stimulus golongan bisnis 450 VA mencapai 501.000 pelanggan, dan golongan industri 450 VA sebanyak 433 pelanggan. Anggaran sing diperlukan untuk kedua golongan tersebut sebesar Rp 151 miliar.





Pemberian stimulus kiye sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menjaga agar perekonomian tetap berjalan. Pemerintah juga ingin mengurangi beban masyarakat tak mampu nang tengah pandemi virus corona. Tapi inget! Meskipun gratis, jangan lupa untuk tetap hemat dalam menggunakannya ya :)





Penulis : Yana Ellisiana Deviasari









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.