Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #73: Jangan Transparan, Berat. Unsoed Aja Nggak!

Posted: 12 Agustus 2020
Comments: 0


Sumber: Google.com




Rektor nggak transparan!





Mahasiswa jelas keberatan!





Loh bukannya wis ngajuin surat permohonan?





Udah, tapi ya gitu kalau menyangkut hal-hal berbau anggaran kayaknya susah banget ya dapetin kejelasan, diulur-ulur lah, bahkan ada data yang gak kunjung diberikan. Keburu basi lur!





Oh iya? Jadinya gimana kuwe?





Masih tetap berusaha, akhirnya pada Senin (10/08) kemarin, BEM Unsoed mengajukan “Keberatan Secara Tertulis” atas Pemberian Informasi Publik tentang Anggaran Unsoed kepada Rektor Universitas Jenderal Soedirman lur! Mantap kan!





Langkah ini ditempuh sesuai dengan Pasal 35 Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.





Terus, terus. Informasi sing diminta apa bae lur?





Jadi, informasi yang diminta itu ada:





  1. Rincian data pendataan UKT tahun 2018-2019
  2. Rincian data pendapatan uang pangkal tahun 2018 & 2019
  3. Rencana strategis (Renstra) Unsoed tahun 2018-2021
  4. Rincian pengajuan dan penerimaan penyesuaian UKT tahun 2018 & 2019
  5. Informasi perhitungan unit cost ke BKT




Pentingnya transparansi ini kanggo mahasiswa sebenarnya apa sih lur?





Menurut Menteri Adkesma BEM Unsoed, Wisnu Ludhi Kuncoro, transparansi ini penting supaya mahasiswa bisa tahu anggaran Unsoed yang keluar dan masuk berapa. Apalagi anggaran yang biasa digunakan secara umum tapi di saat pandemi gak digunakan. Nah, kita berikan saran dan masukan bahwa anggaran tersebut di realokasikan kebantuan, subsidi kuota, atau penambahan keringanan UKT misalnya.





Oh paham paham. Nah, coba jelasin kronologinya kuwe gimana?





Bentar, sebelum aku jelasin, aku kasih tahu dulu nih link akses buat surat keberatannya: bit.ly/KeberatanInformasiUnsoed





Jadi, 6 Juli 2020, Kementerian Adkesma BEM Unsoed, a.n. Wisnu Ludhi Kuncoro, mengajukan “Permohonan Informasi Publik” (PPID) Unsoed. Upaya ini dilakukan untuk membuktikan Unsoed itu transparan atau nggak nih sama mahasiswanya, begitu lur!





Sumber: Kementerian Adkesma BEM Unsoed Kabinet Muara Cita




Kemudian pada tanggal 20 Juli 2020, sesuai Pasal 22 ayat 7 UU Keterbukaan Informasi Publik, paling lambat informasi diberikan dalam jangka waktu 10 hari kerja. Pemohon dihubungi pihak PPID dan nyatanya hanya diberikan dokumen Renstra tidak beserta informasi lain yang diminta oleh Pemohon. Parah kan!





Iya yah, terus gimana kelanjutane?





Setelah itu, pemohon diminta untuk menunggu kembali selama 7 hari (diatur dalam Pasal 22 ayat 8 UU Keterbukaan Informasi Publik) untuk pihak PPID mengurus dan melengkapi informasi lainnya yang belum diberikan.





Pada tanggal 29 Juli 2020, Pemohon dihubungi kembali oleh pihak PPID namun belum diberikan kepastian kapan informasi lainnya akan diberikan. Pihak PPID kembali meminta waktu tambahan 1 hari untuk menyelesaikan kendala informasi lainnya yang diminta.





Panjang ya alurnya?





Loh iya, lanjut kiye~





Dari tambahan 1 hari yang diminta PPID tadi, sebenarnya Unsoed sudah bisa diajukan keberatan sesuai dengan pasal 35 UU Keterbukaan Informasi Publik. Berdasarkan alasan dimana permintaan informasi ini tidak ditanggapi sebagaimana yang diminta dan penyampaian informasi yang melebihi waktu yyang diatur dalam UU.





Terus, 30 Juli 2020 keempat informasi lainnya ternyata gak kunjung dikasih nih. Sikap ini justru menunjukan Unsoed sebagai badan publik tidak transparan dan akuntabel terhadap mahasiwanya!





Karena sampai hari itu, permintaan informasi tidak ditanggapi sebagaimana mestinya dan penyampaian informasi yang melebihi waktu dalam UU. Jelas sekali keberatan harus dilayangkan!





Katanya pengelolaan keuangan Unsoed beberapa tahun ini WTP, alias Wajar Tanpa Pengecualian? Masa sih? Emangnya bener? Transparan ke mahasiswa aja ora~





Penulis : Sifahannisa









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.