Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #95: Subsidi Kuota Internet Cair Mulai Besok!

Posted: 21 September 2020
Comments: 4


Sumber: CNN Indonesia




Kulon wis mulai, bantuan kuota kok durung turun?





Hayoo sapa sing nungguin kuota gratis?





Kabar baik buat kita semua nih! Bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang sudah mendaftarkan diri di Data Pokok Pendidikan dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, bantuan subsidi kuota internet untuk belajar selama masa pandemi virus Corona bakal disalurkan mulai besok Selasa (22/9), loh!





Wah, beneran kuwe?





Beneran dong, jadi subsidi kuota internet yang diberikan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi virus Corona ini bakal dikirim langsung oleh operator ke nomor masing-masing penerima. Penyaluran kuota akan dilakukan selama periode September-Desember yang terbagi dalam dua tahap per bulannya.





Oh begitu ya, terus ana jadwale ora kuwe?





Nah berikut ini nih  jadwal lengkap pengiriman kuota yang dikutip dari keterangan resmi Kemendikbud.





Bulan pertama





  • Tahap 1: 22-24 September 2020
  • Tahap 2: 28-30 September 2020




Bulan kedua





  • Tahap 1: 22-24 Oktober 2020
  • Tahap 2: 28-30 Oktober 2020




Bantuan ketiga dan keempat





  • Tahap 1: 22-24 November 2020
  • Tahap 2: 28-30 November 2020.




Mantap bener! Kuotanya bisa kanggo akses apa bae ya kuwe?





Jadi ngene lur, peserta bakal menerima dua tipe kuota pada bantuan ini, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang tercantum pada situs https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.





Masing-masing bakal olih pira gigabyte jadinya?





Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) bakal mendapat 20 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 15 gigabyte kuota belajar. Siswa jenjang dasar dan menengah bakal mendapat 35 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 30 gigabyte kuota belajar.





Kemudian guru bakal mendapat 42 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 37 gigabyte kuota belajar. Mahasiswa dan dosen bakal mendapat 50 gigabyte kuota, dengan rincian 5 gigabyte kuota umum dan 45 gigabyte kuota belajar.





Nah sebagai informasi tambahan nih lur!





Kuota internet pada bulan pertama dan kedua berlaku selama 30 hari terhitung sejak diterima pemilik nomer handphone (HP). Sedangkan kuota bulan ketiga dan keempat akan berlaku selama 75 hari secara bersamaan mulai bulan November.





Sekarang tinggal ditunggu aja ya kuotanya masuk ke nomor kamu.





Kalau udah dapat, jangan  lupa untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya!





Penulis: Ayu Sulistiara









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

4 thoughts on “BETTER #95: Subsidi Kuota Internet Cair Mulai Besok!”
    1. uwoww yah. ditambah aku sering banget ikut seminar atau buka channel youtube yang penjelasannya lebih mudah dimengerti daripada dosen :))

  1. Kuota umum cuma 5 GB itu g cukup buat satu bulan:(. Soalnya akses kita kan g cuma app belajar. Akses google dan Yutub jg perlu itu kan bukan app belajar. Terus koordinasi kelas kuliah kan pake WA. Hrsnya g ada pembatasan jenis kuota. Mending sekalian semuanya kuota umum aja. Sedih. Sama aja kalo gini ujung2 nya beli kuota sendiri buat kuota umum:(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.