Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER#94: Sekarang Bakal Ada Rumah Lengger di Banyumas!

Posted: 17 September 2020
Comments: 0


Sumber: radarbanyumas.com




Rumah lengger sih apa?





Rumah Lengger adalah galeri, rumah budaya dan laboratorium yang berisi edukasi. Didalamnya tidak hanya seni Tari Lengger, adapula tentang pembuatan kostum dan ekonomi kreatif khas Banyumas.





Oalahh.. Emang tempatnya neng ndi?





Dalam waktu dekat, Rumah Lengger ini bakal berada di komplek kantor Kecamatan Banyumas. Nah, penggagasnya sendiri adalah Rianto, seorang Lengger asli Banyumas.





Terus, terus…





Selaku penggagas, Rianto bahkan telah mempersiapkan banyak hal untuk menghidupkan Rumah Lengger. Diantaranya koleksi foto maestro Lengger Banyumas seperti Mbok Dariah dan lainnya.





Wihh mantep banget!





Nah, Rumah Lengger ini dibuat sebagai upaya untuk melestarikan kesenian asli Banyumas. Terlebih Tari Lengger sudah popular hingga ke luar negeri. Sehingga, penting adanya regenerasi.





Didukung ora sama pemerintah?





Tenang lur~ Kata Camat Banyumas, Abdul Kudus, pihaknya menyambut baik adanya Rumah Lengger di komplek Kecamatan Banyumas. Sebab, sudah pas dengan konsep Kota Lama yang tengah diperjuangkan untuk terealisasi. Selain itu, serah terima gedung untuk Rumah Lengger dilakukan dengan Wakil Bupati Banyumas. Wis lah aman kalau begitu.





Yuk, kita lestarikan budaya Banyumas!





Ide dibentuknya Rumah Lengger bukanya udah lama?





Bener banget lur, Konsep ini sebenarnya sudah ditawarkan kepada Pemkab Banyumas sejak lama. Namun, belum ada tindak lanjut yang jelas. Bahkan, Kalau tidak ada dukungan dari pemerintah, Rianto akan tetap  membangun rumah lengger.





Kalau sekarang didukung ora sama pemerintah?





Tenang lur. Kata Camat Banyumas Abdul Kudus, pihaknya menyambut baik adanya Rumah Lengger di komplek Kecamatan Banyumas. Sebab, sudah pas dengan konsep Kota Lama yang tengah diperjuangkan untuk terealisasi. Selain itu, serah terima gedung untuk Rumah Lengger dilakukan dengan Wakil Bupati Banyumas. Wis lah aman kalo begitu.





Sekilas informasi nih lur..





Jadi, pada tahun 2019 Seni Tari Lengger Banyumas telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. Penetapan tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.





Yuk, kita lestarikan budaya Banyumas!





Penulis : Dzaki Azhar










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.