Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #99: Batuk Pilek Akhir Pekan Lalu, Sekarang Sudah Jadi Klaster Baru!

Posted: 28 September 2020
Comments: 0


Sumber: kompas.com




Haduh. Corona lagi, nih? :(





Ya mau gimana lur, pandemi ini kan emang urung rampung. Apalagi, jumlah kasus positifnya makin hari makin meningkat. Seperti di daerah Banyumas, yang baru saja ditemukan klaster penyebaran Covid-19 dengan total 138 orang yang dinyatakan positif.





Eh, di Banyumas!? Daerah mana tuh, lur?





Jadi, klaster ini terdapat pada pondok pesantren (ponpes) nang Desa Karanggintung, Kecamatan Sumbang dan Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara.





Jumat (25/9), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, "Memang awalnya ada satu santri yang positif duluan, kemudian banyak santri yang mengeluh batuk pilek, terus kita datang ke sana karena ada info dari puskesmas.”





Setelah adanya klaster baru ini, ponpes pun ditutup selama 14 hari untuk melakukan disinfektasi.





Kabar santri yang di situ gimana dong?





Nah, Pak Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengabarkan bahwa santri yang terkonfirmasi Covid-19 akan dirawat khusus guna menjalani pengobatan dan pengawasan secara ketat.





Nggo santri sing hasil swab-nya negatif, akan menjalani karantina sebelum dipulangkan ke daerah asalnya. Sedangkan ratusan santri lain yang belum menjalani pemeriksaan swab, akan diperiksa secepatnya agar dapat memutus sebaran virus di lingkungan ponpes.





Tapi, kalau nanti ada klaster baru priwe lur!?





Tenang, Pak Bupati wis melakukan koordinasi antartokoh agama Islam, yang menghasilkan beberapa imbauan. Semua ponpes tetap diizinkan melakukan aktivitas seperti biasa, tetapi pengelola diminta melakukan lockdown lokal dan lebih memperketat protokol kesehatan.





“Saya sudah berkirim surat ke seluruh ponpes. Kami juga telah membentuk tim kecil supaya mau di-swab secara random. Misal dalam satu pondok diambil swab 10 orang, kalau negatif semua dilepas. Kalau ada yang positif, ambil swab lagi yang lain," ujar Pak Bupati.





Oke deh! Semoga kita stay safe terus ya!





Aamiinn lurr .... Tim yang dibentuk oleh Pak Bupati juga akan memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan di semua pondok pesantren di Banyumas.





Selain itu, kita juga harus ingat untuk selalu menjaga imunitas tubuh dan menekan potensi penyebaran Covid-19! Kurangi kegiatan di luar rumah, hindari nongkrong-nongkrong sing ora genah! Wis nang umah bae! Agar pandemi ini lekas pergi, dan kita bisa bersua kembali~





Penulis : Ardi Eka Pandawa










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.