Category: Press Release

Nobar X Soeara Resah: Pemutaran Film Dokumenter dan Diskusi Menyikapi Kematian KPK

Posted: 5 September 2021
Comments: 0


(Sumber : Kementerian Analisis Isu Strategis BEM Unsoed)




BEM Unsoed – Telah dilaksanakan Nobar x Soeara Resah: Diskon Hukuman di Indonesia oleh Kementerian Analisis Isu Strategis BEM Unsoed. Agenda ini bertujuan untuk menampung aspirasi Keluarga Besar Mahasiswa Unsoed (KBMU) mengenai fenomena pemberian diskon hukuman kepada pelaku tindak pidana korupsi di Indonesia.





Agenda dimulai dengan menyaksikan pemutaran film dokumenter berjudul, “The End Game: Ronde Terakhir Melawan Korupsi” karya Watchdoc Documentary. Kemudian,dilanjutkan dengan Soeara Resah berupa diskusi aktif terkait KPK dan pemberantasan korupsi.





Pengumpulan aspirasi KBMU mengenai Diskon Hukuman di Indonesia dilakukan melalui google forms sebagai bahan pertimbangan untuk menyikapi fenomena tersebut. Google forms tersebut diisi oleh KBMU pada 28 - 31 Agustus 2021.





Selain untuk menampung aspirasi KBMU terkait fenomena pemberian Diskon Hukuman di Indonesia, diselenggarakannya Soeara Resahjuga bertujuan untuk menentukan eskalasi gerakan ke depannya.





Berdasarkan Soeara Resah yang telah dilakukan, mayoritas responden mengetahui dan menyayangkan adanya Diskon Hukuman di Indonesia. Mereka juga menilai bahwa penegakan hukum di Indonesia masih buruk. Oleh karena itu, mereka mengusulkan untuk membuat kajian ilmiah untuk menyikapinya.










Penulis : Kementerian Analisis Isu Strategis





Editor : Ardi Eka


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.