Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #180 : Sudah Siap Ikut Kampus Merdeka Belum?

Posted: 10 Juni 2021
Comments: 0


(Sumber : INews Jateng)





Kampus Merdeka? Memang kampusnya dijajah sapa, Lur?






Enggak begitu dong konsepnya :( ... Kampus Merdeka kiye merupakan otonomi untuk melakukan pembukaan atau pendirian program studi baru. Di Unsoed sendiri, hanya ada tiga program studi sing mendapatkan hibah dari Kampus Merdeka ini, yaitu Program Studi S1 Biologi, Program Studi S1 Peternakan, dan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi. Program Kompetisi Kampus Merdeka ini, merupakan kompetisi terbuka dengan sistem seleksi berkelompok, Lur! Jadi, nantinya akan ana tahapan seleksi berupa tahap evaluasi administratif, tahap evaluasi kualitas, dan tahap verifikasi kelayakan (vitasi daring).





Hibah itu apa, Lur?





Jadi, hibah ini merupakan anggaran dari Program Kompetisi Kampus Merdeka tahun 2021 sing bersumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ada total 46 perguruan tinggi yang juga menjadi penerima bantuan dalam Liga II PKKM Kemendikbudristek. Liga II kiye, didasarkan pada kapasitas perguruan tinggi sesuai dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). Unsoed sendiri mengajukan beberapa kegiatan dalam hibah kiye yaitu peningkatan kualitas lulusan, penguatan jejaring kemitraan nasional, peningkatan kapasitas internasional, rekognisi dosen, pengembangan kurikulum yang kompeten dan kompetitif, program farmpreneurship, fasilitasi mahasiswa studi lanjut, cipta wirausaha mandiri, serta pengembangan kampus sebagai cultural digital creative hub.





Tujuan Kampus Merdeka apa emangnya?





Tujuan diadakannya Kampus Merdeka kiye, adalah sebagai dorongan untuk perguruan tinggi dalam melakukan inovasi pada program studi agar terjadi pembelajaran 4.0 atau Kampus Merdeka yang diharapkan. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu meningkatkan mutu dan relevansi pergguruan tinggi agar dapat meningkatkan daya saing bangsa. Bagi perguruan tinggi sing urung berhasil mendapatkan kesempatan untuk join kompetisi kiye, dapat berpartisipasi juga pada bantuan pemerintah program Dirjen Dikti lainnya! Jadi nggak boleh sedih ya buat kalian yang kampusnya belum bisa join kompetsi ini^^!










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.