Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #230 : Uji Coba Pembukaan Mal untuk Daerah PPKM Level Tiga dan Empat

Posted: 19 Agustus 2021
Comments: 0


(Sumber : CNBC Indonesia)




Lho ... ada mal baru, nih?





Bukan, Lur! Jadi, pembukaan mal yang dimaksud di sini adalah pembukaan untuk uji coba relaksasi di beberapa kota yang menerapkan PPKM dengan status level tiga dan empat. Meskipun terdapat kelonggaran seperti ini, para pengelola mal diimbau oleh pemerintah untuk berkomitmen melaksanakan aturan wajib vaksin bagi pengunjung, juga menerapkan protokol kesehatan sing ketat.





Kalo nanti ana klaster baru, gimana, Lur?





Nah, ini dia, Lur, poin pentingnya! Seperti yang dituliskan diatas, selain pihak mal harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, hanya orang-orang yang sudah melakukan vaksin sing diperbolehkan untuk memasuki mal, lhoo ... Lalu, jika nantinya terjadi klaster penularan , operasional pusat perbelanjaan atau mal diharuskan ditutup.





Berdasarkan data yang tercatat di aplikasi PeduliLindungi, terdapat lebih dari 1 juta orang yang mengakses aplikasi tersebut dan dinyatakan sudah melakukan vaksin. Barcode yang ada dalam aplikasi ini dapat dijadikan bukti bahwa seseorang telah melakukan vaksin.





Memangnya sudah dipertimbangkan matang-matang oleh pemerintah?





Berdasarkan pendapat para ahli, Covid-19 diyakini akan hidup berdampingan dengan masyarakat dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan. Karenanya, Indonesia perlu menyiapkan road map (peta jalan) agar masyarakat mampu hidup berdampingan dengan Covid-19. Oleh karena itu, sedikit demi sedikit masyarakat akan dilatih daya tahan tubuhnya untuk beradaptasi dengan virus ini.





Dengan dilakukannya adaptasi, kekebalan atau herd immunity akan lebih cepat terbentuk secara bertahap. Jika kekebalan yang dicapai telah meluas dan menyentuh angka nasional, dapat dikatakan bahwa kita telah berhasil dalam upaya intensifikasi vaksinasi secara global.





Ingat ya, Lur! Apabila mal yang berada di daerah kalian nantinya telah dibuka, kalian tetap harus menerapkan protokol kesehatan berupa 5M meskipun kalian telah melakukan vaksin yaa^^! Untuk daerah-daerah lain sing belum mendapatkan ijin pengoperasian mal, harap bersabar yaa~ Karena pembukaan mal akan dilakukan secara bertahap guna menguji tingkat keefektifan di tiap-tiap daerah.










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.