Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #265 : Desa Wisata Cikakak Siap Naik Kelas, nih!

Posted: 14 Oktober 2021
Comments: 0


(Sumber : Ekbis.Sindonews.com)








Naik kelas? Kepriwe maksudnya, Lur?





Eits, bukan naik kelas seperti sekolah pada umumnya, ya, Lur! Maksudnya adalah, desa ini akan didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, untuk menjadi desa wisata mancanegara. Alasannya adalah Desa Cikakak ini, berhasil masuk dalam 50 besar Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.





Keren banget bisa masuk 50 besar ADWI!





Iya, dong. Apalagi, Desa Cikakak sendiri, dikenal sebagai habitat ribuan kera ekor panjang sing hidup berdampingan dengan warga di area hutan di sekitar pemukiman warga. Situasinya, mirip dengan Desa Sangeh di Bali, di mana para keranya di perbolehkan turun untuk mengambil sajian yang ada di gunungan buah dalam ritual Rewanda Bojana. Selain itu, desa ini juga dikenal dengan desa wisata sing kental dengan adat istiadat dan kebudayaanya, nih! Dari situ-lah desa ini terasa menarik, dan khas.





Memangnya di sana ana apa aja, Lur?





Yang jelas, nih, di sana ada ribuan kera ekor panjang yang akan menemani kalian sepanjang memutari desa, lho .... Lalu, ada pertunjukan gamelan, yang pada 2020 lalu, diberi bantuan berupa seperangkat alat gamelan, oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein. Selain itu, terdapat pula wisata peninggalan religi, yaitu Masjid Saka Tunggal, sing konon dibangun pada 1288. Jika memang benar masjid ini dibangun pada 1288, masjid ini berumur lebih tua dari Masjid Demak yang juga merupakan wisata religi. Nah, masjid inilah yang digadang-gadang akan menarik wisatawan baik dari lokal ataupun mancanegara.





Sayangnya, selama masa pandemi ini, para pelaku wisata mengeluhkan berkurangnya wisatawan sing berkunjung dampak dari Covid-19. Lalu, Bupati Banyumas hadir, dan membawa warna serta masukan baru untuk menghidupkan kembali desa wisata ini. Achmad Husein, juga berharap motif batik "Ngapak Cikakak" dapat jauh lebih dikenal, serta menjadi buah tangan untuk membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.





Wah, kalo mau berkunjung, lewat mana, ya?





Desa Cikakak ini, merupakan salah satu dari 12 desa yang berada di wilayah Kecamatan Wangon, Banyumas. Dari Purwokerto sendiri, kalian akan menempuh kurang lebih 25 km. Kalian bisa menuju desa ini melalui Ajibarang, terus keselatan kurang lebih 7 km. Pastikan kalian telah memiliki SIM saat berkunjung kesini, ya, Lur. Karena, jalan yang ditempuh cukup jauh dan berkelok-kelok. Keamanan nomor adalah nomor 1, jika kalian ingin berkunjung, jangan lupa terapkan 5M, dan jangan membuang sampah sembarangan, ya^^!










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.