Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #10 : Permisi, pakeeet!

Posted: 9 April 2020
Comments: 0


Sumber : Media Indonesia




Ada yang baru nih~





Eh, ada paket baru! Paket apa kuwe ya?





Selasa (7/4/2020) kemarin, Indonesia baru aja kedatangan alat-alat tes virus corona yang katanya lagi diburu sama semua negara di dunia, namanya PCR (Polymerase Chain Reaction bukan pacar) dan RNA Extractor. Alat-alat yang didatangkan langsung dari Roche, Swiss itu adalah dua unit Magnapure 96, dua unit Lightcycle 480, dan 13 unit Lightcycle 96.





Anu kenapa koh, beli alat tes baru?





Kita semua tau kalau setiap hari jumlah korban dan positif corona makin meningkat. Nah kata Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Pak Slamet Budiarto, salah satu faktor yang bikin banyaknya korban virus corona itu karena hasil tes yang keluarnya lama.





Bahkan, Worldometers mencatat dari setiap 1 juta penduduk Indonesia, cuma 36 orang aja yang dites. Duh… itu sedikit banget kalo kita bandingin sama Korea yang melakukan tes virus corona kepada 8.996 orang per 1 juta penduduknya.





Waduh gawat. Terus alat-alat tes ini keunggulannya apa?





Garang pokoe lur! Dibanding rapid test yang sebelumnya diterapkan oleh Indonesia, PCR dan RNA Extractor ini punya kelebihan bisa menguji spesimen yang lebih banyak dengan waktu sekitar 45 menit aja. Kalau seluruh alat tes itu udah diinstal, nantinya 10.000 spesimen bisa dites per hari. Jadi sebulan bakal ada 300.000 spesimen yang dites.





Sumber : BBC News




Kalo cara kerja alatnya gimana?





Penggunaan alat ini sama kayak rapid test, yakni dites lewat mengumpulkan cairan usap (swab) yang diambil dari saluran pernapasan yakni di bagian hidung, mulut dan tenggorokan. Terus langsung deh, diuji lewat alat PCR.





Wuih, alat-alatnya bakal diinstal nang endi bae?





Jadi, alat-alat ini nantinya bakal didistribusikan ke-12 provinsi yang memiliki banyak kasus corona, termasuk Jawa Tengah. Saat ini salah satu RS di Jakarta sudah mulai melakukan proses pemasangan yang butuh waktu cukup lama. Tapi, kata staff khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, alat-alat ini kemungkinan bisa dipakai minggu depan.





Semoga dengan kedatangan alat-alat baru ini Indonesia lekas membaik!





Penulis : Fauziah Nur Fitriani










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.