Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #12 : Unsoed viral lur!

Posted: 14 April 2020
Comments: 2


Sumber : Suara Banyumas




Hah apa sing viral lur? Kok aku nggak tau





Sini-sini tak kasih tau, biar nggak kudet.





Jadi beberapa hari terakhir, beredar sebuah foto di media sosial yang diduga cover skripsi berjudul ‘Hak Istimewa Luhut Binsar Panjaitan Di Setiap Kebijakan Negara Dalam Perspektif Hukum Tata Negara’.





Foto ini menjadi viral dan diduga merupakan tugas milik mahasiswa Unsoed, karena di dalam foto itu tercantum nama penulis serta logo Universitas Jenderal Soedirman.





Sumber : Twitter




Beneran proposal skripsi mahasiswa Unsoed?





Nah, terkait masalah ini, Dekan Fakultas Hukum Unsoed, Prof DR. Ade Maman Suherman sudah memberikan klarifikasi dan mengatakan bahwa tangkapan layar atau screenshot yang beredar tersebut bukan proposal skripsi. Klarifikasi tersebut diunggah pada akun Instagram @fhunsoed_official.





Lho nek bukan skripsi, apa dong?





Jadi sebenere, gambar itu adalah cover dari tugas terstruktur mata kuliah Metodologi Penelitian dan Penulisan Hukum (MPPH) milik salah seorang mahasiswa di Fakultas Hukum Unsoed.





Tugas tersebut diberikan sebagai bentuk pelatihan penyusunan proposal skripsi yang akan dikumpulkan setelah Ujian Tengah Semester (UTS).





Oh iya, selain itu mahasiswa tersebut juga merupakan mahasiswa angkatan 2017 dan total SKS yang diambil belum cukup untuk mengajukan proposal skripsi. Jadi judul itu beneran untuk keperluan tugas aja.





Oh.. kaya kue, terus sekarang tugasnya gimana?





Karena pengumpulannya setelah UTS, jadi sampai sekarang tugas tersebut belum diserahkan dan belum diterima oleh dosen pengampu mata kuliah MPPH. Selain itu dipastikan juga dosen pengampu tidak akan menerima dan menyetujui topik tersebut. Menurut mereka, penulisan naskah akademik memang berdasarkan kebebasan akademik. Tetapi tetap harus menjunjung tinggi etika bangsa lndonesia dan tidak mengarah pada ranah personal.





Dela, dela. Kok ora diterima?





Nah, keputusan dosen pengampu mata kuliah ini memang memunculkan banyak protes dari netizen. Para netizen berkomentar bahwa seharusnya pihak dosen maupun Unsoed bangga duwe mahasiswa yang update dan peka terhadap kondisi sosial politik, sehingga mempunyai inisiatif untuk menyangkutpautkan dengan ilmu yang telah dipelajarinya. Selain itu, selama tulisan tersebut dapat dipertanggungjawabkan, kenapa harus ditolak?





Duh kayak kowe dong.. ditolak doi :(





Penulis : Sevia Ayu Diniati










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

2 thoughts on “BETTER #12 : Unsoed viral lur!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.