Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #122: Tetap Berhati-hati, Walau Sudah Berganti Kuning

Posted: 9 November 2020
Comments: 0


sumber: radarbanyumas.com




Lagi bahas lampu merah mana nih?





Eits, kiye dudu bahas lampu merah, Lur! Tapi, tentang Kabupaten Banyumas sing dadi satu-satunya daerah zona kuning Covid-19 di Jawa Tengah.





Ohh, nek kuning artinya bagus apa ora?





Ya bagus dong! Karena dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, tercatat ada lima kabupaten/kota sing esih berada di zona merah, dan sisanya berada di zona oranye.





Emang ada warna apa aja sih? Klalen, Lur~





Jadi, pengkodean warna daerah selama pandemi dimulai dari zona hijau. Artinya, wilayah tersebut tidak memiliki kasus terkonfirmasi atau tidak ada pendatang dari wilayah yang terinfeksi.





Selanjutnya zona kuning. Disematkan nang wilayah sing memiliki beberapa kasus penularan lokal, tanpa adanya penularan dalam bentuk kelompok.





Lalu, ada zona oranye dan merah. Oranye untuk daerah yang penyebarannya relatif parah namun tidak ada lonjakan kasus. Sedangkan merah, untuk wilayah dengan infeksi penularan yang sangat banyak dan adanya lonjakan kenaikan kasus per hari.





Suwun, Lur. BTW, ini dari kapan Banyumas zona kuning?





Nah, jarene Pak Sadiyanto, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banyumas, hal ini diambil dari data perkembangan zonasi peta risiko Covid-19 Provinsi Jawa Tengah per 1 November 2020.





"Angka reproduksi virus (Rt) di Banyumas 0,92 dengan positivity rate 4,25 persen," ujar Pak Sadiyanto, Minggu (8/11).





Zonasi peta risiko kiye diperbaharui secara mingguan dengan beberapa indikator. Jadi, setiap minggu bakal ana update jika kondisi suatu wilayah membaik.





Mantap! Semoga terus membaik ya!





Pastinya, Lur! Pak Sadiyanto juga mengatakan, "Total swab sampai saat ini di Banyumas sudah mencapai 21.214 sampel.”





Semoga tindakan cepat tanggap dari pemerintah dapat diimbangi dengan kita yang patuh terhadap protokol kesehatan. Sehingga nantinya, ora cuma kuning, tapi bisa sampai ke hjiau dan siap tancap gas~









Penulis : Ardi Eka Pandawa









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.