Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #129: Burnout Serang Para Nakes!

Posted: 19 November 2020
Comments: 0


sumber: nationalgeographic.grid.id




Burnout? Apa kuwe Lur?





Ngene, Lur. Burnout merupakan istilah psikologi sing menggambarkan perasaan gagal dan lesu akibat tuntutan yang terlalu membebankan seseorang. Sering dikenal juga dengan nama Burnout Syndrome/Job Burnout.





Oh gitu ... kenapa bisa nyerang nakes?





Dadi, akibat pandemi Covid-19, para tenaga kesehatan (nakes) diharuskan bekerja keras untuk melayani para pasien. Hal ini membuat mereka mengalami kelelahan. Harus bertaruh nyawa saat melayani pasien, membuat mereka merasa ini adalah beban yang berat. Apalagi, kasus Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya.





“Kondisi saat ini secara psikologis apa yang terjadi pada masyarakat juga terjadi di kami, beberapa mengalami burnout,” begitu kata Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh. Adib Khumaidi dalam talkshow “Kesiapan Penanganan Pasien di RSDC” secara virtual yang diunggah di akun Youtube BNPB pada Senin (16/11).





Jadi kita kudu apa dong?





Tenang, kita bisa kok membantu mengurangi sedikit beban para tenaga kesehatan supaya mereka tidak terserang burnout syndrome ini.





Kepriwe carane, Lur?





Selain memberi dukungan langsung untuk para tenaga kesehatan, kita juga bisa membantu dengan mengurangi beban mereka. Caranya, patuhi protokol 3M!





Kowe ngerti 3M kan? Ya, betul! Menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Lewat menerapkan kebiasan tersebut dalam keseharian, kita turut membantu para tenaga kesehatan karena sudah berusaha untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jika pasien Covid-19 berkurang, maka tugas dan beban dari para nakes akan semakin ringan dan bisa terhindar dari serangan burnout syndrome.





Wah iya betul banget, LurOTW 3M~





Mantap! Yuk terus patuhi protokol kesehatan dan selalu terapkan 3M dalam keseharian. Ingat, masih ada Covid-19 di antara kita! Jika bukan kita yang memulai dan menjaga, siapa lagi? Mari jaga diri kita, saudara kita, tetangga kita, dan orang di sekitar agar pandemi ini cepat berakhir!










Penulis : Karimatul Azkiyani









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.