Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER#144 : Mau Mudik? Cek Dulu Daftar Daerah yang Dibolehin, Lur!

Posted: 14 April 2021
Comments: 0


(Sumber: cnnindonesia.com)




Lah, bukannya nggak boleh mudik?





Jadi gini, Lur... Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan pergerakan antarkota penyangga di masa larangan mudik lebaran pada tanggal 6-17 Mei 2021. Tapi inget ya, yang dibolehin itu cuma wilayah aglomerasi, yaitu wilayah kota atau kabupaten yang telah diperpanjang yang terdiri dari pusat kota yang padat (umumnya kota madya) dan kabupaten yang terhubung oleh daerah perkotaan yang berkesinambungan.





Terus, daerah yang mana aja nih yang dibolehin mudik?





Nah, sebagaimana yang diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, beberapa wilayah aglomerasi yang masuk dalam pengecualian larangan mudik, yaitu kawasan Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo, kawasan Jabodetabek, kawasan Bandung Raya, kawasan Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, dan Purwodadi, Kawasan Jogja Raya, kawasan Solo Raya, kawasan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila), kawasan Makassar, Sungguminasa, Takalar, dan Maros.





Jadi, buat kalian yang mau mudik ke Banyumas, tahan dulu ya, Lur!





Iya, siap! Enak ya, Lur, sing bisa mudik





Iya alhamdulilah, nih. Tapi buat kalian yang diperbolehkan mudik, jangan lupa bawa dokumen-dokumen pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) ya, Lur! Soalnya nanti bakalan dicek sama petugas untuk memastikan tujuan dan tempat tinggal pengemudinya.





Terus nasib daerah yang lain gimana dong?





Ya ora olih mudik lah, Lur! Kan pemerintah wis resmi melarang masyarakat melakukan aktivitas mudik lebaran 2021 sejak 6 hingga 17 Mei 2021 dengan alasan risiko penularan Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia. Selain itu, Polri sendiri juga akan menyiapkan 333 titik penyekatan yang tersebar di sepanjang lintasan Lampung hingga Bali untuk memastikan masyarakat tidak melakukan kegiatan mudik nanti.





Yaudah deh, Lur, makasih banyak informasinya ya!





Sama-sama! Nah, buat kalian yang mau mudik, aja kelalen untuk selalu jaga kesehatan dan jaga jarak, ya, Lur! Semoga selamat sampai tujuan :)










Penulis : Muhammad Fakhri Hamasah






Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.