Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #15 : Cacing besar Alaska?

Posted: 20 April 2020
Comments: 0


Sumber : Kompas




Bukan cacing besar Alaska, bukan juga cacing-cacing di Worms Zone.





Yang ini cacing (beneran) di Jawa Tengah lur!





Weh, cacing? Nang endi bae?





Sabtu (18/04) kemarin, beberapa daerah di Jawa Tengah dikejutkan dengan kemunculan cacing-cacing yang keluar dari dalam tanah. Bukan satu atau dua cacing aja, tapi jumlahnya ribuan dan kalau dikumpulin bisa sampai satu ember.





Fenomena ini terjadi di sekitar Pasar Gede (Solo) dan dan beberapa desa di daerah Klaten. Warga setempat mengatakan bahwa fenomena ini baru pernah terjadi di wilayah mereka.





Jajal ceritain kronologi kejadiannya.





Siap. Untuk kronologi di Solo, cacing-cacing ini keluar pada pagi hari dan memenuhi jalanan sehingga sangat menganggu aktivitas para pejalan kaki. Walaupun udah disapu dan dibersihkan, cacing cacing itu terus bermunculan. Kalau di Klaten, si cacing-cacing ini muncul di lahan persawahan dan pekarangan kosong.





Terus kepriwe kuwe kok bisa muncul cacing-cacing…





Nah, untuk penyebabnya sendiri belum pasti. Tapi menurut peneliti bidang zoologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) fenomena ini bisa saja terjadi karena faktor perubahan iklim sehingga terjadi migrasi besar cacing tanah tersebut. Untuk mengetahui perubahan apa yang lebih detail, harus di teliti lebih jauh lagi nih.





Ada kabar lain dari BMKG…





Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menilai bahwa kemunculan cacing ada kaitannya dengan gempa bumi. Menurut mereka, beberapa peristiwa gempa yang sempat terjadi diantaranya memang diawali adanya gejala alamiah berupa kemunculan cacing tanah secara massal.  





Gempa? Temenan kuwe?





Tenang dulu lur, walau demikian BMKG juga menjelaskan bahwa fenomena ini belum bisa dikatakan sebagai petunjuk akan terjadi gempa. Soalnya belum ada data dukungan gejala alamiah tak lazim lainnya seperti kemunculan ular di beberapa tempat, anjing yang terus menggonggong bersahutan, atau ikan yang melompat-lompat di kolam.





Tetep berdoa semoga semuanya aman-aman bae ya!





Penulis : Ayu Sulistiara










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.