Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #156 : Kalian Mau Mudik Naik Kereta, Tapi Takut Swab? Ini Dia Solusinya!

Posted: 30 April 2021
Comments: 0


(Sumber: CNBC Indonesia)








Wah, solusinya apa tuh, Lur?





Solusinya yaitu dengan tes GeNose! Cara kerja alat kiye adalah dengan meniru cara kerja hidung manusia dengan memanfaatkan sistem penginderaan (larik sensor gas) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam membedakan pola senyawa yang dideteksi. GeNose diklaim dapat membedakan pola senyawa dari volatile organic compound (VOC) napas manusia yang terinfeksi COVID-19 atau tidak. Alat ini, secara resmi wis mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 24 Desember 2020. Nah, tes COVID-19 lewat GeNose ini, siki diperluas ke lebih banyak stasiun lho, Lur!





Terus cara tes nya gimana, Lur?





Pertama, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang wis lunas. Kedua, ora olih merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes. Oh iya, Lur, meskipun GeNose ini hampir setara dengan swab, masa berlakunya lewih singkat, yaitu hanya bertahan 1x24 jam sejak pengabilan sampel.





Di kotaku wis ana belum yaa?





Ada 55 stasiun nih, Lur yang telah menyediakan tes GeNose, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Kebumen, Gombong, Sidareja, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Purwosari, Klaten, Wates, Madiun, Jombang, dan Blitar.





Lalu, kemudian Stasiun Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Jember, Ketapang, Probolinggo, Kalisetail, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Lubuk Linggau, Tanjungkarang, Kotabumi, Baturaja, Martapura, dan Bojonegoro.





Daerahku belum ada, Lur, terus kepriwe?





Tenang Lur, VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam keterangan resminya sing diterima detikcom pada Kamis (29/4) mengatakan bahwa "kami terus menghadirkan peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang bepergian dengan menggunakan transportasi kereta api sesuai dengan protokol kesehatan dan aturan yang ditetapkan pemerintah." Jadi tunggu bae ya, semoga tes GeNose ini akan segera hadir neng kotamu!










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.