Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #155 : Hati-hati, Lur, Ada Klaster Covid-19 Baru di Banyumas!

Posted: 29 April 2021
Comments: 0


(Sumber: Radar Banyumas)




Hah, seriusan kiye?





Ya serius dong! Masa kita kasih berita hoax





Emang muncul klaster barunya nangendi bae, Lur?





Jadi, klaster Covid-19 baru di Banyumas ini muncul nang beberapa desa, seperti di Desa Pekaja, Kalibagor dan di Desa Tanggeran, Somagede. Klaster kali ini pun diduga muncul saat masyarakat melaksanakan ibadah shalat tarawih.





Haduh, ada berapa kasus tuh, Lur?





Menurut pernyataan Bupati Banyumas Achmad Husein, terdapat 44 orang sing terkonfirmasi positif Covid-19 di Pekaja. Dari jumlah tersebut diketahui bahwa 1 orang dirawat di RSUD Banyumas dan 43 lainnya melakukan isolasi mandiri.





Kasus ini berawal dari 13 orang yang terkonfirmasi Covid-19. Lalu dari temuan tersebut, pihak Dinkes Banyumas pun melakukan tracing dan menemukan 10 orang yang juga positif Covid-19. Setelah tracing dikembangkan lagi, siang ini ada tambahan lagi 21 orang yang dinyatakan positif.





Terus kalo yang di Tanggeran kepriwe tuh?





Nah, sementara itu, untuk kasus di Desa Tanggeran, Somagede ditemukan 7 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah tersebut diketahui bahwa 1 orang bergejala batuk pilek dan 6 lainnya tanpa gejala. Untuk ketujuh orang tersebut pun sudah dikarantina nang Rumah Karantina Diklat.





Banyak juga ya, Lur. Jadi takut nih kalo mau taraweh





Nah, sebenernya, di tahun 2020 lalu Menteri Agama Fachrul Razi juga sudah menerbitkan SE tentang panduan kegiatan keagamaan di rumah ibadah selama masa pandemi Covid-19 lho! Dalam SE Menag No 15/2020 ini setiap tempat ibadah diwajibkan untuk membatasi jumlah jamaahnya agar penularan Covid-19 dapat terhindarkan. Untuk ketentuan lebih lengkapnya bisa kalian baca disini ya!





Jadi, dari adanya klaster Covid-19 baru di Banyumas ini seharusnya pemerintah maupun masyarakat harus lebih giat lagi dalam mengimplementasikan SE yang telah diterbitkan tersebut.










Penulis : Sevia Ayu Diniati


Tags:

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.