Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #17 : Putar balik! Jangan mudik!

Posted: 22 April 2020
Comments: 0


Sumber : finance.detik.com




Mak bapak, aku ra bisa mulih, bada iki atiku sedih~





Mak bapak, aku ra bisa teka, nang kene aku ra bisa lunga~





Eeeh, ora mulih kenapa kuwe?





Selasa (21/4/2020) kemarin, Pak Jokowi secara resmi melarang seluruh warga untuk tidak melakukan mudik Lebaran pada hari raya Idul Fitri 1441 H  tahun ini demi menekan penyebaran COVID-19. Ini merupakan pertamakalinya Indonesia mengeluarkan larangan mudik Lebaran.





Waduh, kok bisa ada larangan kiye?





Jadi, keputusan ini diambil berdasarkan beberapa kajian dan pendalaman lapangan yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Hasil survey menunjukan ada 68% warga tidak mudik, 24% warga bersikeras tetap mudik, dan 7 % sudah mudik. Artinya, masih ada banyak warga yang bersikeras untuk mudik, padahal wabah COVID-19 semakin parah.





Awalnya pemerintah tidak melarang, hanya mengimbau seluruh warganya untuk tidak mudik. Larangan mudik hanya berlaku untuk ASN, serta jajaran TNI/POLRI. Namun, karena tingginya presentase warga yang bersikeras tetap mudik, maka pemerintah akhirnya melakukan pelarangan mudik.





Oalah jen, masih pada ngeyel ya?





Iya. Selain itu untuk mencegah mudik, ternyata pemerintah telah memberikan bantuan sosial, kartu PraKerja, dan upaya insentif lainnya bagi perantau. Namun, sepertinya hal tersebut tidak mampu menahan niatan para perantau untuk pulang kampung. Oleh karena itu, Pak Jokowi langsung memutuskan untuk melarang mudik seluruh masyarakatnya mulai Jumat, 24 April 2020 lur!





Walaupun udah dilarang, prediksi jumlah pemudik tahun ini kira-kira ana pira?





Katadata Insight Center memprediksi, meski pandemi ini masih terjadi, jumlah pemudik akan mencapai 3 juta orang. Jumlah tersebut memang jauh menurun dari data pemudik tahun lalu yang mencapai 18,3 juta orang. Wis, mending kita makan opor di rumah masing-masing dulu aja tahun ini yaa!





Mak, bapak, eyang, aku ijin ora mulih disit…





Semoga keadaannya cepat membaik biar kita bisa kumpul-kumpul lagi 🤗





Penulis : Sifahannisa










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.