Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #19 : Pelanggan Yth, akun SIA Anda memasuki masa tenggang.

Posted: 27 April 2020
Comments: 1


*SMS*





“Pelanggan Yth, akun SIA Anda memasuki masa tenggang, untuk memperpanjang masa aktif akun silahkan lakukan aktivasi identitas TIK Unsoed.”









Apa tuh identitas TIK Unsoed? Lagian aku biasa login pake NIM koh.





Identitas Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Unsoed ialah akun resmi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa, alumni, pegawai BLU dan unit kegiatan insidental di lingkungan Unsoed yang sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.





Kedepannya, akun identitas TIK ini bakal digunakan sebagai User Id kalau kamu mau log in ke Sistem Informasi Akademik (SIA) Unsoed, buat lihat nilai atau jumlah absen kamu. Siapa tau mau cek jatah skip ehehe~





Oalahh, cuma ganti nama buat login doang toh..





Eitss, ngga cuma itu lur! Dengan mengaktivasi identitas TIK ini, kamu jadi punya akses buat dapetin layanan Google Suite for Education yang memiliki fitur seperti gmail, gmeet, gdrive, google calendar dan fitur lainnya. Kapasitas penyimpanannya tak berbatas untuk berkas unggahan dan dokumen yang dibuat menggunakan Gdocs.





Nantinya juga ketika seluruh sistem telah diintegrasikan dengan Single Sign On (SSO), mahasiswa tidak perlu memiliki beberapa username dan password sehingga dimudahkan dalam urusan administrasi.





Wih canggih juga.. Kalo gitu kapan aku bisa aktivasi?





Nah untuk aktivasi identitas TIK bisa kamu lakukan mulai hari ini, tanggal 27 April 2020 sampai dengan 29 Mei 2020. Jangan sampai kelupaan ya, karena kalau sampai tanggal 29 Mei 2020 akun belum diaktivasi, kamu bakal otomatis ngga bisa buka Sistem Informasi Akedemik dan memanfaatkan seluruh layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada di Unsoed. Jadi, yuk langsung aktivasi sekarang juga!





Oke oke, tapi cara aktivasinya kepriwe? Ajarin dong~





Aku kasih tau langkah-langkahnya yaa...





Pertama, kamu buka https://akademik.unsoed.ac.id





Udah? Abis itu login pake NIM atau User Id yang biasa kamu gunakan. Setelah masuk ke halaman depan, di bagian atas halaman terdapat informasi mengenai aktivasi identitas TIK kamu. Kemudian, klik tulisan “aktivasi” berwarna merah. Terus kamu isi deh, data pada formulir yang udah disediakan. Jangan lupa buat hafalin identitas TIK Unsoed dan masukin password baru yang mudah diinget.





Nek mau login SIA berarti langsung pake e-mail & password baru?





Nah, e-mail dan password barunya nanti baru bisa digunakan buat login SIA setelah tanggal 29 Mei. Jadi kalau sekarang mau login, yang dipakai untuk login adalah NIM dan password baru ya lur!





Kalau identitas TIK Unsoed kamu udah aktif, bisa langsung dicoba tuh fitur dari Google Suite for Education-nya. Gassss~!





Penulis : Ardi Eka Pandawa










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

One thought on “BETTER #19 : Pelanggan Yth, akun SIA Anda memasuki masa tenggang.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.