Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #197 : Mulai Hari Ini, Vaksin Gratis di Stasiun Purwokerto

Posted: 5 Juli 2021
Comments: 8


(sumber : serayunews.com)




Ayo kita ke stasiun~





Bukannya kita lagi PPKM, Lur? Kok, malah ke stasiun?





Lebih tepatnya, PPKM Darurat. Ya, setelah ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, dilanjut PPKM Mikro, sekarang kita sudah sampai di PPKM Darurat. Semoga jangan ada sekuel sampai ke PPKM daruratrevisifinalfixbgt, ya!





Untuk itu, kita juga harus membantu pelandaian kurva penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan vaksin. Nah, mulai hari ini, Stasiun Purwokerto sudah menyediakan tempat untuk vaksin gratis.





Syaratnya apa, nih?





Tahan dulu, Lur. Biar kayak tugas matkul metode penelitian, mari kita mulai dari latar belakangnya.





Jadi, setelah PPKM Darurat di Jawa dan Bali resmi diterapkan selama tanggal 3-20 Juli 2021, ada perubahan syarat nih kalau mau naik kereta api. Mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 dan SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 42 Tahun 2021. Khusus perjalanan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa, calon penumpang wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama.





Untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan, sekaligus mendukung program vaksinasi Covid-19, kini stasiun menyediakan layanan pemberian vaksin gratis. Sekali mendayung, dapat vaksin dan syarat naik kereta~





Oh, cuma buat yang mau naik kereta, toh ...





Untuk saat ini, iya. Menurut Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi, tahap awal vaksinasi hanya melayani penumpang dan porter stasiun.





Tapi, buat kamu yang melakukan vaksin di Stasiun Purwokerto, tenang aja. Karena, kowe bisa melaksanakan vaksinasi tahap kedua di tempat vaksin manapun.





Kalau mau ke sana, tempat layanan vaksinasinya ada di pintu barat Stasiun Purwokerto, ya! Mulai dari pukul 08.00 s.d 14.00 WIB.





(sumber : radarbanyumas.co.id)




Oke, deh. Terus jadi syaratnya apa?





Oh iya, belum disebut. Syaratnya adalah ...





  1. berusia 18 tahun ke atas
  2. menunjukkan kode booking yang sudah dibayar atau tiket KA antarkota yang berlaku
  3. memiliki KTP (NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin)
  4. datang paling lambat H-1 sebelum waktu keberangkatan KA
  5. bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk di vaksin Covid-19.




Kamu juga harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.





Sebab, menurut Vice President Daop 5 Purwokerto, Joko Widagdo, pada saat proses boarding, petugas akan mengecek seluruh persyaratan untuk memastikan calon pelanggan kereta api benar-benar telah memenuhi syarat yang ditetapkan. Buat yang ngga bisa nunjukin dokumen persyaratan dan ketentuanya, berarti ngga boleh naik dan tiketnya bakal dikembaliin 100%.





Nek aku arep vaksin, tapi ngga naik kereta, gimana?





Ya bisa banget, dong! Di Kabupaten Banyumas sendiri, sudah disiapkan dosis vaksin untuk vaksinasi massal, salah satunya di GOR Satria Purwokerto.





Bahkan, untuk memudahkan pendaftarannya, Pemkab Banyumas wis menyediakan fasilitas daftar secara daring. Biar ngga perlu antre di tempat lagi. Langsung aja akses di vaberaya.banyumaskab.go.id.





Tapi, masih khusus buat warga Banyumas dulu, ya! Kuotanya juga disesuaikan dengan jumlah stok vaksin.





Yang penting, tetap saling jaga, taati peraturan yang ada, makan bergizi dan ngga usah ikutan panic buying!










Penulis : Ardi Eka


Tags: , ,

Post Terkait

8 thoughts on “BETTER #197 : Mulai Hari Ini, Vaksin Gratis di Stasiun Purwokerto”
  1. Saya lg perlu banget surat vaksin karna saya sudah terlanjur beli tuket pesawat..mau ikut daftar vaksin di gor tp gagal terus / gak kebagian habis..apa bisa saya vaksin di kereta tp surat vaksin saya gunakan buat naik pesawat..mksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.