Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER Edisi #2 : Ndang balio Sri…..

Posted: 19 Maret 2020
Comments: 0


Universitas Jenderal Soedirman (Foto : Google)




Ndang balio Sri….. ndang balio Sri….. Eh KBM nang Unsoed diganti jadi pembelajaran daring. Balik kampung ora ya?





Balik aja yuh. Aman dari corona, aman dari krisis akhir bulan juga :”)





Weh,kata siapa aman dari corona lur? Justru bahaya kalo kita balik kampung sekarang. Penyebaran corona bisa diperlambat dengan stay di rumah/kosan aja loh! Masalah krisis akhir bulan, hemat-hemat dulu mumpung masih pertengahan bulan sekalian coba lobi bapake karo ibune siapa tau dapet kiriman ekstra…… hehehe.





Lha apa iya? Tapi orang rumah udah pada nelponin terus koh, pada khawatir.





Iya, ini himbauan langsung dari Satgas COVID-19 Unsoed!Kita dianjurkan untuk jangan balik kampung dulu, soalnya bahaya banget kalo kita berkerumun di ruang publik kayak stasiun, terminal, atau bandara. Penyebaran virusnya bisa lebih cepat. Medeni 🙁





Terus priwe dongAku harus gimana?





Yang paling bisa dilakukan sekarang, tunda dulu jadwal balik kampung dan terapkan social distancing. Kurangi intensitas nongki, rapat, kondangan, atau memburu wi-fi. Pokoknya jangan kebanyakan wara-wiri duluapalagi balik kampung!Tujuan utamanya bukan menghentikan si corona-corona ini, tapi gimana caranya biar nggak makin banyak orang yang terinfeksi.





Social distancing beneran bisa memperlambat persebaran corona? Jajal, ada datanya gak?





Nih, ini contoh grafik dari Washington Post tentang social distancing. Disini bisa dilihat kalo semakin kita menerapkan social distancing, maka semakin grafiknya landai. Dengan begitu, penanganan virus corona akan lebih terkendali dan efektif.









Waah oke! Mulai kapan aku kudu menerapkan social distancing?





Siki, sekarang! #DiKosanAja harus mulai diterapkan dari diri sendiri, karena perilaku seseorang bisa menimbulkan efek besar bagi orang banyak. Jangan lupa tetap tenang ya. Tidak ada riak gelombang yang selamanya menerjang, akan selalu ada keindahan setelah kita melewati kesulitan dengan sepenuh ikhtiar dan keberserahan #asik.





Salam buat keluarga di rumah lur! Jaga kesehatan selalu!










Siang-malam ku selalu menatap layar terpaku, untuk online online…….





He, kuliah online sampe kapan sih kira-kira?





Jadi gini, jadwal kuliah daring atau online tiap fakultas itu beda-beda sesuai dengan Surat Edaran dekan masing masing. Mayoritas fakultas seperti FISIP, FH, FEB, Fikes, FT, dan FK, kuliah online dilaksanakan sampai akhir semester genap. Ada juga FIB yang kuliah onlinenya cukup sampai UTS, atau bahkan Fapet yang menyebutkan kalau kuliah online berlaku dua minggu saja. Tapi Surat Edaran ini sewaktu-waktu bisa berubah apabila keadaan semakin terkendali.





Kabar praktikum gimana? Udah ribet kelas online, ditambah praktikum lagi 🙁





Jangan khawatir, semua fakultas yang punya kegiatan praktikum menerapkan aturan yang sama. Kalo praktikumnya tidak dimungkinkan untuk lewat online, pratikum bakal ditiadakan dulu selama dua minggu. Tapi jika dimungkinkan untuk online, nanti praktikumnya lewat online.





Terus, kegiatan mahasiswa ditiadakan dulu ya? Aduh, proker gimana nih?





Yap, sesuai Surat Edaran Rektor dan Dekan masing-masing fakultas, untuk kegiatan mahasiswa ditiadakan dulu sementara waktu ini demi pencegahan penyebaran virus Corona. Tapi tetap semangat ya! Semoga kita semua dimudahkan dan proker bisa dilaksanakan dengan maksimal.










Penutupan Lokawisata Baturraden (Foto : Dinporabudpar Kabupaten Banyumas)




Ada yang tutup tapi bukan botol. Apa tuh?





Objek wisata di Kabupaten Banyumas.





Yapobjek wisata di Purwokerto sementara tutup dulu. Kiye instruksi langsung dari pak Bupati Banyumas lewat Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan COVID-19. Jadi ruang terbuka, objek wisata, dan fasilitas publik milik pemerintah daerah ditutup sementara waktu.





Objek wisata yang tutup apa bae kuwe? Terus berapa lama?





Nah, yang ditutup sementara dari tanggal 16-29 Maret 2020 adalah objek wisata dan ruang publik yang berada dibawah pengelolaan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas: Lokawisata Baturraden, Taman Andhang Pangrenan, Bale Kemambang, Museum Pangsar Soedirman, Museum Wayang Sendang Mas, Tirta Husada Kalibacin, GOR Satria, dan Gedung Kesenian Soetedja.





Kalo objek wisata yang lain boleh dikunjungi berarti? Nyong kan pengen liburan.





Hmm… mending aja disit lur. Jangan dulu. Inget kan kita harus menerapkan social distancing? Hindari dulu kerumunan orang dan selalu jaga jarak biar kita terhindar dari virus Corona. Ngesuk bae jalan-jalan karo aku kalo situasi udah aman terkendali ya!





Duh kesuwen, kelamaan 🙁 Bosen aku neng kosan bae 🙁





Lho e….. sini-sini tak ingetin. List donlotan film + drakormu pada numpuk mbok? Bisa banget tuh marathon sekarang. Atau main game, pasti seru. Tapi jangan lupa juga buat ngerjain tugas kelas onlen yang ternyata malah makin menyebar ya lur





Penulis : Dzaki Azhar & Chrisdian Provita














BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin dan Kamis biar kamu update informasi selalu!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.