Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #202 : Vaksinasi Gotong Royong di Kimia Farma Ditunda, Lur!

Posted: 12 Juli 2021
Comments: 0


(Sumber: tirto.id)




Kenapa tuh, kok ditunda sih?





Vaksinasi individu atau vaksinasi berbayar sing semula akan dilaksanakan hari ini (12/7) memang resmi ditunda oleh PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Menurut pernyataan Sekretaris Perusahaan Kimia Farma, Ganti Winarno Putro, perlaksanaan vaksinasi berbayar ini akan ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan. Keputusan tersebut diambil karena perseroan melihat besarnya animo dan banyaknya respons dari berbagai pihak terkait pelaksanaan vaksinasi individu. Dalam hal ini masih banyak pertanyaan yang masuk, sehingga manajemen memutuskan untuk memperpanjang masa sosialisasi Vaksinasi Gotong Royong individu serta pengaturan pendaftaran calon peserta.





Emang vaksinnya jenis apa, Lur? Terus harganya pira? Aku belum tau nih …





Dalam program vaksinasi kiye, PT Kimia Farma menggunakan vaksin jenis Sinopharm sesuai dengan keputusan pemerintah tentang jenis vaksin yang digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong (VGR). Untuk harganya sendiri yaitu sebesar Rp321.660, per dosisnya, Lur.





Adapun penyuntikkan vaksin dilakukan sebanyak dua kali, sehingga membutuhkan dua dosis vaksin. Selain itu, penerima Vaksinasi Gotong Royong ini juga harus membayar biaya pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910, per penyuntikan.





Duh, kok larang banget sih? Jangan-jangan cuma cari keuntungan tok nih …





Berdasarkan pernyataan Manajemen Kimia Farma, penyediaan layanan vaksin berbayar di sejumlah klinik ini bukan untuk mengejar keuntungan alias tujuan komersial, Lur. Pemerintah melalui Kementerian BUMN juga mengeklaim bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 individu dari Kimia Farma dilakukan untuk mempercepat penerapan Vaksinasi Gotong Royong.





Selain itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Kimia Farma Diagnostik, Agus Chandra, juga mengatakan, harga vaksin per dosis dalam program Vaksinasi Gotong Royong (VGR) individu ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK. 01.07/Menkes/4643/201 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukkan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong.





Ohh, jadi gitu … berarti belum ada kepastian waktu pelaksanaannya lagi, ya, Lur?





Yaps, betul! Jadi, bagi kalian yang sudah mendaftar maupun ingin mendaftar program vaksinasi berbayar di Kimia Farma ini, bisa mengikuti perkembangan informasinya lebih lanjut ya, Lur!










Penulis : Sevia Ayu Diniati


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.