Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #207 : Risoba Unsoed, Inovasi Tempat Isolasi

Posted: 19 Juli 2021
Comments: 0


(Sumber : unsoed.ac.id)




Risoba? Apaan tuh?
Pastinya bukan nama makanan sejenis risoles, ya, Lur! Jadi, Risoba adalah singkatan dari Rumah Isolasi Bahagia. Merupakan konsep tempat isolasi sing disediakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Memanfaatkan asrama mahasiswa yang kosong selama pandemi, dengan dilengkapi fasilitas dan peralatan yang diperlukan pasien positif Covid-19 dalam menjalani isolasi.





Oalah, terus siapa aja yang boleh tinggal di situ?





Menurut Waluyo Handoko, dari Tim Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Unsoed, Risoba kiye disediakan kanggo sivitas akademika Unsoed yang menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif Covid-19, tapi ora memungkinkan nek dilaksanakan di rumah atau di kos.





Terlebih lagi, fasilitas Risoba juga dapat mencegah terjadinya penularan kasus Covid-19 di sekitar tempat tinggal. 





Hadirnya Risoba ini, digagas oleh Tim Pendampingan AKB Unsoed, yang berusaha menyediakan tempat kondusif dalam proses pemulihan Covid-19. Yang tidak hanya nyaman secara fisik, tapi juga terpantau dari aspek klinis, logistik, dan psikologis. Ora mung sehat lahir, tapi batine juga kudu sehat~





Wih, keren juga ...





Nah, selama di Risoba, mahasiswa sing menjalani isolasi akan mendapatkan pendampingan kesehatan secara daring dari tim monitoring kesehatan Unsoed.





Jika saat masa isolasi ada yang mengalami penurunan kondisi kesehatan, tim pendamping monitoring bakal langsung berkoordinasi dengan rumah sakit dan Dinas Kesehatan Banyumas untuk penanganan lebih lanjut.





Sebab, lonjakan penularan Covid-19 saat ini, juga menjadi pendorong munculnya Risoba Unsoed.





Kasih aku update kasus Covid-19, dong!





Per Minggu, 18 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menjadi 2.832.755 kasus, dengan kasus aktif sebanyak 527.872.





Jawa Tengah yang merupakan provinsi tempat Unsoed berlokasi, menjadi provinsi ketiga dengan kasus terbanyak setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Dengan rincian 311.397 kasus positif.





Haduh :(





Makanya, Lur, kebersamaan warga Unsoed dan kolaborasi dengan berbagai pihak, diharapkan dapat meningkatkan kualitas penanganan Covid-19, khususnya dalam mendukung operasional Risoba.





Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, telah mengkoordinasikan penyediaan logistik bagi penghuni Risoba dengan donasi warga Unsoed, alumni dan masyarakat umum dalam berbagai bentuk.





Semoga, tidak hanya Risoba yang memberi kebahagiaan, tapi kita pun dapat selalu diberi kebahagiaan dan kesehatan dalam melewati pandemi ini.










Penulis : Ardi Eka


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.