Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #216 : Panggilan Kemanusiaan: Mahasiswa Unsoed Menjadi Relawan Pemakaman

Posted: 30 Juli 2021
Comments: 0


(Sumber : unsoed.ac.id)




Serius, Lur? Salut banget!





Yaps! Pandemi Covid-19 tak bisa dihadapi sendiri, Lur.  Semua pihak harus bahu-membahu melakukan peran yang dapat dilakukan.  Oleh karena itu, mahasiswa Unsoed dari UPL MPA-Unsoed, mengambil peran dengan menjadi bagian dari relawan.





Wah, gimana ceritane?





Jadi gini, Lur. Meningkatnya jumlah kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Banyumas membuat tim pemakaman dari BPDP Kabupaten Banyumas cukup kewalahan. Pemakaman jenazah Covid-19 sendiri adalah sebuah hal yang berbeda dengan pemakaman pada umumnya.





Pemakaman ini memerlukan peralatan yang lengkap dan juga tenaga serta tim khusus dalam menanganinya. Hal tersebut mendorong perwakilan UPL-MPA Unsoed tergerak untuk menjadi relawan tim pemakaman jenazah Covid-19.





Mahasiswa Unsoed sing jadi relawan sapa aja kuwe?





Rasa kemanusiaan di dalam diri membuat Tim UPL MPA Unsoed yang terdiri dari, Amanat Surgawi, Miftakhur Rizki, Gusti Abimayu, Luqman Sofyan Ridwan, dan Imamudin terjun membantu sebagai relawan pemakaman Covid-19.





Tugasnya apa bae, Lur?





Perwakilan tim dari UPL MPA Unsoed ini mendapatkan bagian tugas membantu tim pemakaman BPBD setiap 2 hari sekali.





Ketika mendapatkan bagian tugas, Tim UPL MPA Unsoed bersama beberapa relawan lain dikumpulkan di GOR Satria yang selanjutnya akan dibagi dan disebar ke beberapa tim yang berbeda untuk menangani pemakaman di beberapa wilayah yang berbeda pula.  





Berarti mereka pake APD, ya, Lur?





Betul, Lur! Dalam Bertugas, seluruh tim dan relawan termasuk Tim UPL MPA Unsoed menggunakan peralatan lengkap sesuai protokol kesehatan, mulai dari APD, hazmat, face shield, dan lain-lain.





Setiap berangkat maupun selesai tugas, seluruh tim akan mensterilkan diri supaya virus-virus yang menempel di badan hilang dan tidak ada yang tersisa. Hal tersebut selalu dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 ini.





Keren banget pokoknya! Sehat terus yaaa





Aamiin, dan semoga kegiatan ini dapat membantu tim-tim terkait yang mebutuhkan bantuan, serta mampu membangun komitmen teman-teman yang lain untuk turut serta dan siap sedia ketika menerima panggilan atas nama kemanusiaan.










Penulis : Silvia Sulistiara


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.