Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #227 : Ubah Limbah Jadi Rupiah

Posted: 16 Agustus 2021
Comments: 0


(Sumber : unsoed.ac.id)




Bukan sulap, bukan sihir~





Wih, gimana caranya, Lur?





Tenang, ini bukan modus penipuan, kok.





Jadi, ini merupakan salah satu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 milik mahasiswa Unsoed. Produk tersebut, mengubah kain perca batik dan serbuk kayu menjadi kerajinan kaligrafi yang unik. Selain mengangkat kearifan lokal Indonesia, kaligrafi ini juga ramah lingkungan, loh.





Namun, karena adanya pandemi Covid-19, pembuatannya dilakukan di tiga kota yang berbeda.





Emang bisa PKM beda kota?





Bisa banget, Lur!





Walaupun kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk saling bertemu, tapi sama sekali tidak menghambat terwujudnya ide kreatif ini.





Nisa Arrohmah, Syahdila Febrian Maharani, serta Sisca Yulieta Putri adalah tim yang berinovasi membuat kerajinan kaligrafi kain perca dan serbuk kayu.





Pembuatan kerajinan kaligrafi hingga lolos pendanaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada PKM 2021, semuanya dilakukan dari rumah mereka masing-masing yaitu di Kudus, Purwokerto, dan Tegal.





Mau liat dong kaligrafinya!





Boleh, boleh. Ini ya ...





(Sumber : unsoed.ac.id)




Ketua tim PKM, Nisa, menjelaskan bahwa ide ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya pengelolaan limbah kain perca batik dari konveksi batik dan limbah serbuk kayu dari industri permebelan.





Saat ini, hampir seluruh hasil limbah konveksi batik dan serbuk kayu hanya digunakan sebagai bahan bakar dalam pembuatan keramik, genting, gerabah, dll.





Padahal, pengolahan limbah seharusnya tidak menghilangkan nilai yang terkandung, tetapi dapat dimanfaatkan menjadi produk yang memiliki nilai jual. Kayak kaligrafi yang dibuat sama Nisa dan timnya ini.





Kalau mau beli di mana, tuh?





Awalnya, produk ini dijual di tiga kota tempat mereka tinggal, tapi dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi e-commerce, tim ini telah berhasil memasarkan ke seluruh daerah di Indonesia.





Harga jual yang ditawarkan pun terjangkau mulai dari Rp. 50.000. Selain itu, kowe juga bisa memilih desain kaligrafi sesuai yang diinginkan.





Ayo, buruan cari ayat yang bagus.





Siap, nanti aku beli, ya!





Oke!





Tapi, jangan hanya sebatas jadi pembeli, kamu juga bisa loh kayak Nisa dan kawan-kawannya, yang menghasilkan ide kreatif dan menciptakan produk yang berguna.





Ditunggu karya-karya inspiratifmu, Lur!










Penulis : Ardi Eka


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.