Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #23 : Swiper Jangan Mencuri!

Posted: 4 Mei 2020
Comments: 1


Sumber : CNN Indonesia




Hayo, sapa sing seneng belanja online?





Belanja online di berbagai situs e-commerce emang ngebantu kita mencari berbagai barang yang dibutuhkan kapan saja dan dimana aja. Apalagi sekarang, diskonan belanja online ada dimana-mana.





Tapi tahu nggak, situs e-commerce juga memiliki kelemahan sendiri terkait keamanan data yang tidak terjamin sepenuhnya dan berisiko dapat dicuri loh! Seperti yang sekarang terjadi dengan akun di Tokopedia.





Hah… kenapa tuh Tokopedia?





Jadi kabarnya nih lur, beberapa waktu lalu Tokopedia dilaporkan mengalami peretasan, yang mana hampir semua akun di Tokopedia berhasil diambil datanya oleh peretas. Wah, bahaya ya….





Jajal, ceritain kronologinya.





Kronologinya bermula saat peretas dengan nama akun ‘whysodank’ pertama kali mempublikasikan hasil peretasan di Raid Forum pada Sabtu (2/5). Terus, sore harinya akun Twitter @underthebreach mencuitkan soal peretasan dan mengaku sebagai layanan pengawasan dan pencegahan kebocoran data asal Israel.





Dalam cuitannya ia menyertakan tangkapan layar yang menunjukan adanya informasi sebagian akun Tokopedia yang bisa dibuka lewat situs tersebut. Informasi yang dimaksud meliputi nama,email, dan nomor telepon pengguna.





Terus kepriwe nih tindak lanjutnya?





Nah berkaitan dengan isu yang beredar, Tokopedia menemukan adanya upaya pencurian data pengguna mereka. Tapi tenang bae lur, Tokopedia juga memastikan bahwa informasi penting, seperti password tetap berhasil dilindungi.





Selain itu Tokopedia juga mengklaim telah memeriksa dan mengkonfirmasi bahwa data pembayaran pengguna yang berupa kartu debit, kartu kredit dan OVO tetap terjaga keamanannya.





Nek kita punya akun Tokopedia, harus gimana berarti?





Nah buat kalian para pengguna Tokopedia, siki kudu ganti password dan mengaktifkan OTP (One Time Password) lewat SMS. Terus, ganti juga semua password dari akun media sosial dan platform marketplace selain Tokopedia. Ganti password ini penting banget buat perlindungan data kalian lur.





Buat pengguna Tokopedia, aja kelalen ganti password biar data kalian tetap aman ya!





Penulis : Ayu Sulistiara














BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

One thought on “BETTER #23 : Swiper Jangan Mencuri!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.