Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #24 : Bulan Ramadhan BB Turun, BBM Enggak!

Posted: 5 Mei 2020
Comments: 0


Sumber : Aktual.com




Rakyat : “Turunkan harga BBM!”





Pemerintah : “Sabar, sabar, sabar, dan tunggu~”





Akhir-akhir ini, harga minyak dunia turun drastis, lur! Bahkan April kemarin harganya sampe minus. Wadadaw!





Terus harga minyak di Indonesia melu mudun ora?





Nah meski harga minyak dunia turun, di Indonesia masih lempeng-lempeng aja nih. Yang ada cuman program cashback pembelian BBM lewat aplikasi yang berlaku dari 27 April-31 Mei 2020.





Lah kok ora mudun hargane, kenapa?





Kata Menteri ESDM, Arifin Tasrif, pemerintah nih masih terus memantau perkembangan harga minyak yang belum stabil. Arifin bilang perubahan harga minyak dunia bisa terjadi menyusul komitmen negara pengekspor minyak dunia (OPEC) dan negara produsen lain, atau yang biasa dikenal dengan OPEC+, untuk memangkas produksi minyak.





Buat sekarang, wis ana target pemangkasan produksi minyak OPEC+ menjadi sekitar 9,7 juta barel per hari yang berlaku efektif per Juni 2020. Terus, Juli-Desember 2020 nanti pemangkasan produksi akan menjadi 8 juta barel minyak per hari. Nah Januari-April 2021 nanti produksi minyak akan dipangkas jadi 6 juta barel minyak per hari.





Berarti, harga BBM turun kuwe cuma mitos?





Bentar, nggak sepenuhnya mitos kok. Sebelum pandemi merebak tahun 2020 ini, BBM telah mengalami penurunan sebanyak 2 kali, yaitu pada bulan Januari dan Februari.





Hah emang iya?





Yap! Penurunan BBM di bulan Januari termasuk besar lho, yakni antara Rp 300 – Rp 1.750 per liter. Lalu untuk bulan Februari penurunan harga BBM berkisar antara Rp 50 – Rp 300 per liter.





Kalo dibandingkan sama harga bensin di negara ASEAN, Indonesia juga masuknya masih cukup kompetitif lur! Selama Januari-Februari 2020, kita masuk kedalam 3 negara dengan harga bensin terendah setelah Malaysia dan Myanmar. Walaupun beberapa negara ASEAN di bulan April kemarin udah nurunin harga bensin, tapi Indonesia masih termasuk dalam posisi keempat terendah kok.





Coba kita pantau dan tungguin deh ya….





Penulis : Yana Ellisiana Deviasari














BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.