Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #237 : Sprinter Asal Banyumas Raih Perunggu Paralimpiade Tokyo

Posted: 30 Agustus 2021
Comments: 0


(Sumber: www.sportstars.id)




Beneran dari Banyumas? Bangga banget!





Yaps! Dari Banyumas, kiye, Lur. Ia adalah Saptoyogo Purnomo, sang peraih medali perunggu dalam perlombaan atletik lari 100 meter T37 putra pada ajang Paralimpiade 2020 Tokyo, atau ajang terbesar atlet difabel. Itulah mengapa saat ini Indonesia, termasuk Banyumas, tengah berbangga hati atas pencapaiannya. Pencapaiannya tersebut, juga tidak lepas dari peran sang pelatih, lho, Lur!





Emang pelatihe kuwe sapa, Lur?





Ia adalah seseorang yang ditemui Saptoyogo Purnomo tahun 2014 lalu, Winda Prasepty, pelatih Sapto semasa bersekolah di SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang sekaligus pengajar di Flash Atletic Club. Tidak hanya melatih Sapto, Ia juga yang pernah mengusahakan agar Sapto dapat sampai di Paralimpiade Tokyo.





Wah, keren banget, ya!





Bener kiye, memang keren banget! Meski terlahir dengan Cerebral palsy, yaitu kelainan gerakan, otot, ataupun postur yang disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada otak, tak menghalanginya untuk berprestasi. Bahkan di tengah keterbatasan pandemi saat ini, ia mampu menorehkan prestasi internasional yang sangat membanggakan.





Selain meraih perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020, sebelumnya Sapto juga telah malang-melintang di berbagai kejuaraan, baik level nasional maupun internasional.





Kejuaraan apa bae kuwe?





Banyak, nih, Lur. Sederet Prestasi Sapto Yogo Purnomo, di antaranya adalah:





  • Peparnas Bandung 2016 (5 Medali Emas)
  • Asian Youth Para Games 2017 (2 Medali Perak)
  • ASEAN Para Games 2017 (2 Medali Emas dan 1 Perak)
  • World Para Atletik 2018 (1 Medali Emas)
  • Asian Para Games 2018 (2 Medali Emas)
  • Paralimpiade Tokyo 2020 (1 Medali Perunggu)




Sangat membanggakan, kan, Lur? Yuk, jangan mau kalah, kita juga bisa berprestasi versi kita sendiri. Ditunggu, ya, kabar membanggakannya!










Penulis: Silvia Sulistiara


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.