Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #277 : Fix Banget! Mendoan Banyumas Jadi Warisan Budaya Indonesia!

Posted: 1 November 2021
Comments: 0


(Sumber : Instagram/@mendoancocol.banyumas)




Wihh, keren banget, Lur! So Proud!





Yoii keren banget ga si? Jadi, tempe mendoan khas Banyumas Jawa Tengah, ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021. Acara ini digelar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta pada 26-30 Oktober 2021.





Kok bisa sih mendoan jadi warisan budaya?





Ya bisa dong, Kepala Seksi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Mispan mengatakan bahwa sebenarnya pengusulanya sudah dilakukan sejak 2020, lalu diseleksi secara berjenjang, yakni seleksi administrasi oleh Sekretariat Warisan Budaya Takbenda, rapat usulan kesatu dan kedua oleh Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda, serta verifikasi dan pemaparan usulan oleh dinas terkait di tingkat provinsi/kota/kabupaten yang mewakili. Lalu pihak Dinporabudpar pun juga mengirimkan data foto, video, dan kajian akademis untuk kebutuhan administrasi ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang selanjutnya diusulkan ke Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek. Walaupun sebenarnya pada tahun 2020 belum bisa lolos, akan tetapi akhirnya bisa ditetapkan sebagai WBTb pada tahun 2021, penetapan ini sangat membanggakan masyarakat Banyumas.





Wah dadi kencot kie nyong, jajan mendoan enak nih~





Gas lah!, ke caub ya, dingin-dingin makan mendoan dan kopi, surga dunia~ Semoga dengan ditetapkanya mendoan sebagai WBTb Indonesia ini, mendoan bisa lebih dikenal luas, dan dilestarikan keberadaanya.










Penulis : Muhammad Fakhri Hamasah


Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.