Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #279 : Congrats, UPT Perpustakaan UNSOED Raih Akredirasi A!

Posted: 4 November 2021
Comments: 0


(Sumber : unsoed.ac.id)




Wihh keren banget tuh





Iya dong! Nggak kalah keren sama fakultas-fakultasnya 😊





Oh iya, hal ini bisa membuktikan bahwa UPT Perpustakaan UNSOED mampu untuk terus tumbuh dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga dapat berkontribusi secara optimal.






Prosesnya kayak gimana sih, pasti nggak mudah yah





Yaps! Proses akreditasi UPT Perpustakaan UNSOED ini tentunya memerlukan persiapan yang cukup memakan waktu, tenaga, dan juga pikiran, Lur. Menurut pernyataan dari Kepala UPT Perpustakaan UNSOED, Djoko Prasetyo, S.Sos.,M.IP, pelaksanaan akreditasi ini dimulai dari proses penyusunan borang akreditasi dan pengumpulan bukti fisik yang mendukung komponen dan indikator kunci.





Terus gimana tuh, Lur, sampai akhirnya dapat akreditasi A





Nah, berkat keuletan dan keseriusan seluruh staf UPT Perpustakaan UNSOED dan tentunya dukungan dari pimpinan universitas, maka pada bulan April 2021 penyusunan Borang Akreditas dapat diselesaikan dengan baik. Selanjutnya, borang tersebut dikirim ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI di Jakarta, sampai akhirnya di Bulan Oktober 2021 lalu UPT Perpustakaan UNSOED menerima sertifikat akreditasi A.





Wow, mantep banget nih UNSOED! Tapi emang perpustakaan perlu akreditasi juga, Lur?





Ya perlu, dong, Lur. Perpustakaan perguruan tinggi itu merupakan unit yang memiliki tugas untuk memberikan pelayanan jasa informasi ilmiah kepada civitas akademika dan masyarakat pada umumnya. Agar pelayanan perpustakaan menjadi baik, maka layanan perpustakaan harus sesuai dengan standar, sesuai yang dijanjikan, dan sesuai dengan harapan, serta sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Nah, untuk dapat mengetahuinya, maka diperlukan akreditasi ini, Lur!





Terus proses penilaiannya gimana tuh?





Untuk proses penilaian akreditasi di UPT Perpustakaan UNSOED ini disesuaikan dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perguruan Tinggi, yaitu dengan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Sementara itu, Komponen dan Indikator Kunci Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi yang dinilai yaitu komponen koleksi, saranan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguat. Standar ini tentunya memiliki masing-masing indikator dan komponen dan indikator ini memiliki bobot nilai yang berbeda-beda.





Kerennn! Semoga layanan UPT Perpustakaan Unsoed ini semakin meningkat, ya! 😊










Penulis : Sevia Ayu Diniati


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.