Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #281 : Bus Wisata Baturaden Beroperasi Lagi? Simak Cara Naiknya!

Posted: 5 November 2021
Comments: 0






(Sumber : Radarbanyumas.co.id)





Bus Wisata Banyumas-Baturaden beroperasi lagi, Lur? Serius?





Nah, betul, Lur. Jadi, setelah diliburkan pada Sabtu (30/10) dan Minggu (31/10) kemarin, karena adanya peningkatan dan penyesuaian layanan program. Dengan telah dilakukan beberapa peningkatan dan penyesuaian ke dalam aplikasi Dolan Banyumas, mulai Sabtu (6/11) besok bus wisata gratis Banyumas bakal kembali dioperasionalkan, lho!





Wahh, asyikkk bisa naik bus lagi, dong!





"InsyaAllah untuk Minggu ini Sabtu Minggu jadi tanggal 6 dan 7 November, bisa beroperasional kembali, dengan kelengkapan-kelengkapan semakin lengkap,” kata Agus Nur Hadie, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) melalui Taryono, Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinhub Banyumas kepada Radarbanyumas.co.id, Kamis (4/11).





Wah, terus cara naiknya gimana tuh, Lur?





Jadi, untuk pemesanan tiket, Lur, calon penumpang harus melalui aplikasi Dolan Banyumas dan membuat akun untuk penggunaan aplikasi terlebih dahulu. Seperti calon penumpang yang ingin memesan tiket kereta. Dalam aplikasi nantinya akan terinci jelas jadwal keberangkatan dan kedatangan bus di delapan titik naik dan turun penumpang, Lur.





Ternyata lumayan gampang, ya, Lur!





Iya dong, Lur! Gampang, kan!





Tapi, daftar aplikasinya gimana, Lur?





Jadi, Lur, aplikasi pendaftarannya lengkap kayak orang daftar kereta, Lur, ada empat unit bus yang siap dengan maksimal rutenya, time tablenya yang jelas, dan kapasitas penumpangnya juga jelas, yaitu 30 orang.





Kalau mau daftar, tapi udah penuh gimana, Lur?





Tenang, Lur, ketika ingin mendaftar tapi sudah penuh, pendaftar akan dialihkan pada bus pemberangkatan berikutnya,” kata kata Agus Nur Hadie, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) melalui Taryono, Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinhub Banyumas pada Kamis (4/11).





Jika bus satu telah penuh nih, Lur, calon penumpang akan otomatis dialihkan pada bus kedua. Dimana setiap bus juga sudah dilengkapi dengan peralatan GPS, dan sedang disinkronisasi lewat aplikasi Dolan Banyumas, lho!





Wahh, asyikk banget, Lur! Jadi bisa unduh aplikasi Dolan Banyumas kapan, Lur?





Begini, Lur, hasil peningkatan aplikasi akan dipaparkan hari Jumat ini, Lur, setelah itu untuk peningkatan dengan adanya fitur tambahan bus pariwisata gratis di Aplikasi Dolan Banyumas dapat diunduh dan dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kalau mungkin siang clear sudah bisa diunduh oleh masyarakat.





Ada lagi nih, Lur, fitur terbaru dari aplikasi Dolan Banyumas, yaitu bus pariwisata yang bisa mendaftar lewat situ dan juga akan terkontrol. Terdapat Driver, Co-Driver, dan Tour Gate yang akan menemani penumpang di bus wisata gratis selama dalam perjalanan. Kemudian, Lur, setelah calon penumpang mendaftar lewat aplikasi, untuk naik ke bus wisata akan dilakukan cek scan barcode sebagai bukti jika telah memesan tiket lewat aplikasi. Dimana dari 1 pendaftar atau NIK hanya bisa mendaftarkan 3 orang atau mendapat 3 tiket bus wisata gratis.





Wahh, menarik banget, ya! Mulai besok udah boleh naik bus wisata ke Baturaden nih!





Walaupun sudah diperbolehkan menaiki bus wisata Banyumas-Baturaden, tetapi tetap harus hati-hati dan menerapkan protokol kesehatan, ya, Lur! Agar kita semua berwisata dengan nyaman dan selamat sampai tujuan!










Penulis : Yuka Nabila Shauma


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.