Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #283 : Kawasan Jalan Bung Karno Jadi Opsi Relokasi Alun-Alun Purwokerto

Posted: 9 November 2021
Comments: 0


(Sumber : Radar Banyumas)




Haa, direlokasi? Emang kenapa?





Iya, Lur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas mendorong PKL Alun-Alun Purwokerto untuk direlokasi, dengan harapan nantinya Alun-alun Purwokerto bisa steril dari PKL. Untuk saat ini, penataan PKL masih dibahas. Namun, ada rencana untuk merelokasi PKL tersebut ke kawasan Jalan Bung Karno.  





Kenapa Jalan Bung Karno yang dipilih?





Jalan Bung Karno menjadi opsi karena menurut Dinperindag kawasan jalan tersebut nantinya akan ramai, sehingga PKL akan sangat diuntungkan dengan kondisi tersebut.





Emang kalo di Jalan Bung Karno sebelah mananya, Lur?





Rencananya, di Kawasan baru tersebut, yaitu Jalan Bung Karno, akan disediakan “kantong” khusus PKL dan juga lahan parkir. Jadi, yang berjualan nantinya harus di “kantong” PKL, bukan di trotoar, ya, Lur.





Gitu, yaa. Terus, PKL-nya wis tau belum?





Tentunya tau, dong, karena Dinperindag pun sudah melakukan koordinasi dengan PKL dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas. Selain itu, relokasi ini pun akan dilakukan dengan penuh perencanaan serta melibatkan seluruh pihak, Lur.





Namun, di sisi lain, Pengurus PKL Alun-Alun Purwokerto, Sugiyanto, berharap pemindahan PKL tidak terlalu jauh dari alun-alun. Hal ini lantaran menurutnya Alun-Alun Purwokerto yang menjadi magnet orang datang, karena ada oang berkumpul di suatu tempat, maka di situlah PKL akan datang.





Pihaknya memaklumi larangan PKL di alun-alun, tetapi juga berharap agar relokasi yang dilakukan letaknya tidak terlalu jauh dari alun-Alun Purwokerto, misalnya di Jalan Pengadilan. Menurutnya, andai kata di Jalan Ragasemangsang, orang harus berjalan terlebih dahulu ke Ragasemangsang dan jarang yang melalukan hal itu.





Oh ... jadi, masih rencana yaaa?





Iya betul, Lur, masih renacana dan yuk kita tunggu keputusan lebih jelasnya. Semoga, di mana pun nantinya, jika susah ditata, semua pihak dapat berkomitmen sehingga tidak ada satu pun yang melanggar ketentuan, dan semoga, tempat baru yang digunakan sebagai relokasi nantinya dapat lebih baik, lebih tertata, dan lebih “ramah” bagi semua pihak.










Penulis : Silvia Sulistiara


Tags: , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.