Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #284 : Unsoed Bangga! Tim Unsoed Borong Gold Medal dan Silver Medal di Ajang Internasional!

Posted: 10 November 2021
Comments: 0


(Sumber : unsoed.ac.id)




Wowww, keren-keren banget dah Cucu Jenderal, kita bangga!





Jos banget ga si? Dua tim mahasiswa dari Prodi Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian Unsoed berhasil mendapatkan Gold Medal dan Silver Medal di Ajang International Science and Invention Fair 2021.





Wahh, siapa aja itu, Lur?





Perlombaan ini diikuti oleh dua tim, tim pertama yaitu terdiri dari Cantika Rayyan, Yoga Aditya, dan Hanisa Cindrawati berhasil merebut Gold Medal mengungguli ITS, UNDIP, dan UB, sedangkan Tim Kedua yang beranggotakan Hanisa, Cantika, Panca Cahya Utami, dan Yoga berhasil merebut Silver Medal mengungguli perwakilan dari Mexico di tempat ke tiga dan UB di tempat ke empat.





Terus apasih yang mereka lakuin?





Tim peraih Gold Medal menyampaikan paper yang berjudul Biobriquettes Inovation with Utilization of Adsorbents as Alternative Fuels in The Rural Food Industry. Yoga Aditya, salah satu member dari tim tersebut menyampaikan bahwa awal mula ide ini adalah adanya industri rumahan yang menggunakan plastik sebagai bahan bakar karena plastik mudah dicari dan murah.  Disatu sisi mendapatkan energi dari pembakaran plastik namun disisi lain menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Nah karena itu akhirnya mereka membuat biobriket ini dengan harapan agar bisa mengurangi zat-zat pencemar.





(Sumber : unsoed.ac.id)




Sedangkan untuk tim peraih Silver Medal mempresentasikan paper dengan judul Addition of Taro Leaf Wax Substance to Biodegradable Plastic As a Hydrophobic Component in an Effort to Reduce Plastic Use in the Environment. Tim ini mencoba untuk meningkatkan kualitas bioplastic dengan menambahkan zat lilin daun talas untuk mengurangi serapan air pada plastik. Dengan ditambahnya zat lilin ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas bioplastik agar fungsinya semakin baik dan nantinya dapat sepenuhnya menggantikan plastik yang sudah ada. Pemilihan daun talas sebagai zat lilin dikarenakan daun talas memiliki sifat anti air sehingga berpotensi menjadi zat lilin dan dapat digunakan untuk formulasi biolpastik dalam menurunkan daya serap air sehingga tidak mudah rusak.










Penulis : Muhammad Fakhri Hamasah


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.