Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #288 : Tol Cilacap-Jogja Lewati 3 Kecamatan, Mana Saja?

Posted: 16 November 2021
Comments: 0






(Sumber : Radarbanyumas.co.id)





Wah, Lur, keren banget nih udah ada tol Cilacap-Yogyakarta, kecamatan mana aja nih yang dilalui, Lur?





Keren kan, Lur!





Jadi begini, Lur, ada tiga kecamatan di Kabupaten Banyumas yang bakal dilalui tol Cilacap-Yogyakarta, meliputi Kecamatan Tambak, Sumpiuh, dan Kemranjen. Dengan tahap Final Busines Case (FBC) atau prastudi kelayakan akhir saat ini.





Wah, jadi begitu, Lur, terus titik desa atau kelurahan mana aja yang akan dilewati rute tol tersebut?





Joko Purwoko, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IPW) Bappedalitbang Banyumas mengatakan, saat ini sedang tahap identifikasi. “Kalau nama-nama desanya kita belum memastikan, kalau trasenya sih gambarannya sudah ada, cuma kita baru mengidentifikasi desa-desa mana yang akan terlewati,” katanya.





Nah, terus, Lur, gimana nih cara identifikasi desa yang dilewati, Lur?





Jadi, Lur, dari trase yang telah ada dan dipaparkan, kemudian akan dioverlay melalui peta administrasi kabupaten. “Jadi dari identifikasi trase yang dipaparkan, tentunya akan kita overlay dengan peta administrasi kita, sehingga akan ketahuan dari trase itu melewati desa atau kelurahan mana saja,” papar Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IPW) Bappedalitbang Banyumas, Joko Purwoko. Setelah ketahuan dan jelas desa atau kelurahan mana saja yang akan terlewati di tiga kecamatan itu. Ia melanjutkan, baru dikoordinasikan dengan pihak kecamatan. “Karena tentunya ini harus ada dukungan dari wilayah kecamatan terkait dengan proyek strategis nasional ini,” lanjutnya.





Ada lanjutan informasi nih, Lur,...





Untuk peta topografi telah selesai, Ia melanjutkan, overlay peta administrasi akan dilakukan bersama dengan Dinperkim yang mengurusi soal RTRW sehingga keberadaan tol tersebut juga nantinya bakal dimasukkan dalam Perda RTRW yang saat ini masih revisi. “Kalau kemarin hanya trase saja, dan belum overlay dari peta administrasi, kalau peta topografi sudah, cuma administrasi belum, jadi kita tidak begitu ngeh desanya di mana gitu, sehingga kalau sudah dioverlay dengan peta administrasi baru akan ketahuan,” pungkas Joko Purwoko selaku Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IPW) Bappedalitbang Banyumas.





Wahh, udah ga sabar ya, Lur, desa mana aja yang dilewati tol Cilacap-Yogyakarta! Jangan lupa tetap staytune informasinya ya, Lur!










Penulis : Yuka Nabila Shauma


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.