Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #30: Kesehatan Turun Terus, BPJS Malah Naik!

Posted: 14 Mei 2020
Comments: 0


Sumber: Okezone




Hah? Deneng naik lagi?





Iya, walau kita masih harus terus bertahan dari pandemi Covid-19, tapi Pak Jokowi memilih menaikan iuran BPJS Kesehatan dengan mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2020 tentang jaminan kesehatan. Padahal, Mahkamah Agung (MA) baru membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada awal tahun ini.





Tapi, kenapa iurannya naik terus?





Hmm, kalau jarene Pak Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, iuran dinaikkan semata-mata demi keberlangsungan BPJS, sebab kondisi keuangan BPJS saat ini mengalami defisit. Bahkan Menteri Keuangan, Bu Sri Mulyani, mengatakan defisit keuangan BPJS Kesehatan hampir mencapai Rp.13.000.000.000.000,- (Itu 13 Triliun lur, nolnya ada 12, banyak banget ngga tuh!?)





Haduh.. Jadi perbulannya kita kudu bayar berapa nih?





Nah mulai 1 Juli nanti, pembayaran iuran peserta kelas I naik 87,5 persen menjadi Rp 150.000, dari yang sebelumnya Rp 80.000. Kemudian Iuran peserta  kelas II naik 89,07 persen  menjadi Rp 100.000, dari sebelumnya Rp 51.000. Iuran peserta kelas III juga naik 37,25 persen dari Rp 25.500 menjadi Rp 42.000. Duit maning duit maning :(





Tega nemen sih maring rakyat :(





Mau gimana lagi? Di tengah pandemi Covid-19 pendapatan berkurang drastis, bahkan tidak sedikit pekerja yang sudah dirumahkan, tentu saja ini berpotensi membuat masyarakat tidak mampu membayar jika iuran dinaikkan.





Baru aja kita ditinggal Pakde Didi Kempot dengan lagu-lagunya yang ambyar, eh sekarang kok pemerintah malah ikut-ikutan bikin ambyar rakyatnya :(





Penulis : Dzaki Azhar










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.