Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #31: Tuntutan Mahasiswa Masuk Trending, Unsoed Masih Gak Bergeming?

Posted: 18 Mei 2020
Comments: 1






Aksi di tengah pandemi? Kenapa enggak!





Minggu (17/5), BEM Unsoed dan seluruh elemen mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman melakukan aksi media. Aksi tersebut berlangsung sejak pukul 16.30-20.30 WIB melalui media sosial Twitter. Nggak cuma Twitter, jagat media sosial Instagram dan Whatsapp juga sama ramainya. Tagar yang diangkat adalah #UnsoedJutek dan #ReformasiUnsoed.





Pokoknya walaupun di tengah pandemi, semangat kita nggak mati!





Mantap! Aksinya dalam rangka apa kiye?





Aksi ini dilakukan sebagai wujud protes mahasiswa Unsoed terhadap beberapa kebijakan rektor yang dianggap kurang tepat dan cukup memberatkan. Adapun tuntutan yang dibawa pada aksi media yaitu Bantuan Kuota Menyeluruh, Transparansi Anggaran, serta Pembebasan atau Relaksasi UKT (Uang Kuliah Tunggal).





Langsung gas aksi nih? Nggak coba audiensi dulu?





Pastinya udah dicoba, tapi Rektornya ngilang! Jumat (8/5) kemarin, bahkan BEM Unsoed sudah memberikan Surat Terbuka ke Rektorat. Permohonan audiensi juga sudah diajukan sebanyak dua kali.  Gini nih ceritanya :





  • 13 April 2020 dikirimkan Surat Permohonan untuk mengadakan audiensi pada 15 April. Permohonan formal ini dikirimkan setelah komunikasi kultural dilakukan kepada sejumlah Pimpinan Universitas.




Permohonan audiensi I dipenuhi, namun Rektor menyerahkan kepada Wakil Rektor III untuk menerima Mahasiswa. Ketika difollow up kepada Bapak Wakil Rektor III, ternyata beliau sedang dirawat di RS. Audiensi pun menjadi tidak ada kejelasan terkhusus dari pihak Rektorat lainnya. Ketika Wakil Rektor III telah sembuh,  beliau malah meminta tuntutan dan aspirasi Mahasiswa dikirimkan secara tertulis. Bukan disampaikan melalui dialog dalam audiensi.





  • Beberapa hari setelahnya  kami desak kembali Rektor Unsoed untuk segera menggelar audiensi melalui pemberian "Rilis Hasil Petisi Online (Surat Cinta Mahasiswa)". Surat diberikan pada Senin, 20 April 2020 dengan diterima langsung oleh Staff Rektor.
  • 7 Mei 2020 dikirimkan Surat Permohonan Audiensi II untuk meminta ulang beraudiensi pada 13 Mei 2020. H-2 jadwal audiensi, didapatkan kabar dari Bagian Kemahasiswaan bahwa audiensi belum bisa dilaksanakan karena Pimpinan Rektorat masih ada kesibukan yang terjadwal. Disampaikan audiensi akan dijadwalkan minggu depan dengan kepastian hari menyusul.




Lagi-lagi yang menggubris adalah Bagian Kemahasiswaan (Dibawah Wakil Rektor 3). Belum ada tanggapan  resmi ataupun lainnya dari Rektor Unsoed langsung perihal tuntutan Mahasiswa & ajakan beraudiensi secara daring.





Bersamaan dengan Surat Permohonan Audiensi II kami juga kirimkan naskah "Surat Terbuka Untuk Rektor Unsoed" yang diterima langsung oleh Staff Rektor.





Tapi ya gitu, sampai sekarang kabarnya masih diem-diem bae nih!





Wah, parah lur! Jadi siapa aja nih yang ikutan aksi ini?





Aksi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Unsoed. Semua bersatu atas dasar yang sama, menuntut hak-hak sebagai mahasiswa. Lugas Ichtiar, Presiden BEM Unsoed 2020 menambahkan, "Aksi ini merupakan respon dan kritik atas kebijakan rektorat di masa pandemi yang kemudian menjadi keresahan bersama mahasiswa Unsoed. Maka dari itu inisiasinya pun berasal dari berbagai elemen mahasiswa yang secara kolektif BEM Unsoed turut serta di dalamnya."





Gokil, berarti rame banget dong ya aksi mediane?





Banget! Bahkan tagar #UnsoedJutek dan #ReformasiUnsoed juga sempet jadi trending topic nomor 1 dan 2 di Twitter. Banyak dari mahasiswa Unsoed yang turut menyuarakan keresahannya lewat cuitan, foto, dan video yang unik. Aksi media ini juga banyak dimuat oleh beberapa media online.









Ramainya aksi media kemarin juga akan dibahas lebih dalam bareng Fakhrul Firdausi, Menteri Koordinator Politik Pergerakan BEM Unsoed 2020 dan akan segera dirilis lewat Podcast BEM Unsoed. Tungguin disini ya!





Semoga lewat aksi ini, keresahan kita segera didengar dan Unsoed nggak jutek-jutek lagi. Mahasiswanya lagi merana kok pihak universitas malah membiarkan kita gitu aja :(





Penulis : Ayu Sulistiara









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Post Terkait

One thought on “BETTER #31: Tuntutan Mahasiswa Masuk Trending, Unsoed Masih Gak Bergeming?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.