Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #34 : Corona Gak Bubar-Bubar, Kapan Kita Ngampus?

Posted: 21 Mei 2020
Comments: 0


Sumber : ui.ac.id




Kapan kuliah offline maning nih?





Jadi begini lur.. karena pandemi ini tidak tahu kapan akan berakhir, sebagian instansi pemerintah sedang mempersiapkan beragam protokol kesehatan yang akan dilakukan untuk menghadapi new normal.  Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait tahun ajaran 2020/2021 akan tetap dilakukan pada pertengahan Juli mendatang.





Lha.. kalau Coronanya belum rampung gimana?





Karena memang diprediksi Covid-19 belum berakhir pada masa itu, pembukaan kembali sistem belajar offline akan menunggu kondisi aman sesuai dengan keputusan Gugus Tugas Covid-19 dan juga Kementerian Kesehatan. Adapaun skenario yang dibuat untuk pembukaan kembali sistem berlajar offline menurut Agus Sartono, dari Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, sekolah akan dibuka lagi pada Juli, Agustus, atau bisa juga pada Desember 2020.





Terus, terus.....





Kemendikbud sudah mengeluarkan Surat Edaran No.15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang berisi tentang protokol dan prosedur aman saat kegiatan berlajar kembali dibuka. Isi dari surat edaran ini antara lain :





  1. Menginstruksikan agar satuan pendidikan mengatur mekanisme antar jemput siswa.
  2. Sarana dan prasarana di sekolah harus dibersihkan minimal dua kali secara rutin, yakni sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan.
  3. Pihak sekolah secara rutin diminta memantau kondisi kesehatan warga sekolah terkait gejala penyakit Corona.
  4. Sekolah harus menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun.
  5. Penerapan protokol kesehatan lain seperti jaga jarak , melakukan etika batuk, dan bersin yang benar.
  6. Sekolah diminta membuat narahubung terkait keamanan dan keselamatan di lingkungan.




Yaudah ayok lah kuliah lagi!





Eits.. dela-dela. Sebentar.





Menurut dr. Dicky Budiman M.Sc.PH, PhD dari Global Health Security CEPH Griffith University, pola hidup selama pandemi harus mulai disosialisasikan dan dipersiapkan dengan matang, semua dapat dilakukan bila perangkat siap dan prosedur screening telah dipenuhi. Adapun yang harus dilakukan seperti pola sekolah baru, screening zona tempat tinggal, tes Covid-19, aturan waktu dan kegiatan belajar mengajar, aturan tempat duduk, dan protokol kesehatan lainnya.





Jadi udah siap menghadapi new normal lur?





Penulis : Fauziah Nur Fitriani









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.