Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #35: The New Lebaran - Menjaga Tradisi dan Silaturahmi di Tengah Pandemi

Posted: 25 Mei 2020
Comments: 0


Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden




Sugeng riyadi, sedaya lepat nyuwun pangapunten!





Nggih sami sami, lur.. tapi lebaran kali ini sedih ngga bisa mudik :(





Jangan sedih, dong. Adanya pandemi memang membuat Hari Raya Idulfitri 1441 H dirayakan secara berbeda. Namun, tidak melakukan mudik merupakan salah satu tindakan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona, agar kita dapat melindungi diri sendiri dan sanak saudara. Sehingga nantinya, kita tetap bisa bertemu dan saling melepas rindu setelah pandemi berlalu.





Baru kali ini juga ngga Salat Id berjamaah dan ziarah..





Sama, lur. Beberapa tokoh publik pun melaksanakan Salat Id di rumah, contohnya Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan, yang juga mengimbau pada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan pemerintah selama masa pandemi.





Ziarah kubur yang sudah menjadi tradisi saat lebaran pula, harus kita tunda sementara. Bahkan beberapa TPU sudah ditutup dan tidak menerima peziarah, seperti di TPU Wanasari, Bali. Walau tidak berziarah, kita masih tetap bisa mendoakan dari dalam rumah.





Kalau di rumah terus, masa lebaran ora silaturahmi sih?





Tak berjabat tangan bukan berarti tak memaafkan. Bisa kok silaturahmi secara virtual, jamane wis canggih!





Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mr. Johnny G. Plate, telah  menjamin silaturahmi secara virtual akan berjalan lancar dengan layanan yang prima. “Dalam mendukung silaturahmi virtual, di bidang infrastruktur telekomunikasi jaringan internet terus dijaga untuk memastikan layanan optimal bagi masyarakat,” tuturnya (24/5/2020).





Yaa biarpun masih ada nastar, tahun ini tetap kurang berasa lebarannya.





Iya. Lebaran tahun ini memang mengajarkan kita banyak hal, salah satunya untuk ikhlas dan tawakal di segala situasi. Mari kita mencoba mengambil hikmah pada The New Lebaran ini. Meski banyak kebiasaan yang tak kita jalani, tapi semoga tak mengurangi esensi dalam berlebaran, yaitu untuk saling memaafkan.





Tak lupa, segenap keluarga besar BEM UNSOED 2020 Kabinet Muara Cita mengucapkan taqoballahu minna wa minkum, minal ‘aidin wal faizin. Selamat Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan batin.





Ndang dilanjut ngabisin kue lebarannya~









Penulis : Ardi Eka Pandawa










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!






Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.