Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #37: New Normal VS #IndonesiaAbnormal

Posted: 27 Mei 2020
Comments: 0


Sumber: Shutterstock




Eh, dari kemarin rame banget nih new normal. Sebenernya kuwe apaan lur?





Ngene ngene, tak bantu jelasin. Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita, new normal adalah perubahan perilaku yang dilakukan untuk tetap menjalankan aktivitas normal. Maksudnya perubahan perilaku disini yaitu lewat penerapan protokol kesehatan di kehidupan kita sehari-hari biar nggak terjadi penularan virus Covid-19.





Ooh.. terus protokol kesehatan sing dimaksud apa bae?





Pokoknya yang udah biasa kita terapkan, lur. Jadi nanti pada fase new normal ini kita bisa beraktivitas lagi tapi harus selalu pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak fisik, dan mengurangi kontak fisik sama orang lain. Hayo, uwis pada nerapin itu, mbok?





Aku uwis dong! Tapi fix banget nih, kita bakal new normal?





Belum ada keputusan resmi dari pemerintah sampai sekarang, tapi Kemenkes udah ngumumin soal aturan new normal hari Minggu (24/05). Aturan yang diterbitkan antara lain adalah aturan di tempat kerja perkantoran dan industri, serta di mal dan restoran yang udah boleh buka. Oiya, buat pelanggan setia ojol juga ada aturan buat bawa helm sendiri loh! Jadi nggak ada tuh cerita pas udah bayar ojol, eh helm dari abangnya lupa dilepas ...





Sumber: CNN Indonesia




Pengalaman banget yha… Terus nanti kalo udah fix, rencananya sampai kapan new normal ini dilaksanakan?





Kata Pak Wiku, yaa sampai vaksin Covid-19 ditemukan vaksin buat menangkal virusnya. Denger-denger dari ahli dan pakar kesehatan dunia, vaksinnya bakal tersedia tahun 2021.





Ngko disit, tunggu dulu. Emang Indonesia sendiri uwis siap buat new normal?





Nah, kiye wingi sempet rame di Twitter lur! Selasa (26/05) kemarin, muncul tagar #IndonesiaAbnormal yang digaungkan warganet soal pelaksanaan new normal. Banyak dari mereka yang mencuitkan soal Indonesia yang belum siap untuk fase ini.





Sumber: Youtube Kompas TV




Jadinya gimana dong?





Kebanyakan dari warganet menilai kalau kurva Covid-19 di Indonesia masih belum landai, ditandai dengan banyaknya kasus postitif Covid-19 setiap harinya. Jadi menurut mereka, gimana mau new normal kalo angka pasien positif masih tinggi. Tagar ini sampai dapet cuitan lebih dari 35 ribu loh!





Gimana kalo menurutmu sendiri lur? Sudah siapkahkita masukfase new normal ini?









Penulis : Chrisdian Provita Bella










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.