Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #40 : Lagi PSBB, Malah Pasang Tenda Rame-Rame

Posted: 2 Juni 2020
Comments: 0


Sumber : hipwee.com




Mendaki gunung, lewati lembah …





Nggak pada nurut, malah ngelawan perintah ….





Itu rame-rame dimana? Kok bisa?





Itu di Bogor lur, tepatnya di Bukit Alas Bandawasa. Banyak orang yang sepertinya udah nggak sabar buat liburan, terutama mendaki gunung. Padahal saat ini Pemkab Bogor masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai Kamis (4/6). Tapi sejak Sabtu (30/5) kemarin, banyak masyarakat sing ora menaati himbauan physical distancing dan malah berkemah di atas bukit.





Lah bandel banget, itu pendakinya warga lokal kabeh lur?





Nggak juga sih. Pendaki yang jumlahnya sekitar 100 orang itu beberapa di antaranya memang merupakan warga Bogor, tapi mayoritas lainnya berasal dari luar daerah, seperti Ciawi dan Sukabumi.





Terus kepriwe tindak lanjut pemerintah setempat?





Potret ramainya pengunjung Bukit Alas Bandawasa bahkan sempat viral di sosial media Twitter melalui unggahan akun @pendakilawas. Unggahan inipun mendapat perhatian dari pemerintah setempat dan kemudian segera ditindaklanjuti. Para pengunjung kemudian dibubarkan secara persuasif mengingat situasi PSBB yang masih berlangsung. Bukit Bandawasa sendiri sebenarnya baru buka lho! Bahkan sampai saat ini belum memiliki Tanda Daftar Usaha Pari­wisata (TDUP).





Walaupun udah dibubarin, nanti kalau para pendakinya balik lagi kepriwe?





Tenaaangg, mereka nggak akan balik lagi kok. Soalnya berdasarkan keterangan Plt Camat Cigombong Asep Achdiat, Bukit Alas Bandawasa saat ini wis diportal. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan penjagaan ketat. Setelah dilakukan pemantauan, Bukit Alas Bandawasa saat ini sudah steril dari pengunjung.





Lur, masih ada banyak waktu untuk mendaki di lain hari. Kalau ada kerumunan sebanyak itu, nanti takutnya akan ada kluster baru Covid-19 di Bogor. Jika satu orang saja positif, maka bisa banget menulari hampir semua pendaki. Tentu kita nggak pengen ini terjadi kan?





Yuk jaga diri dan jaga orang lain dengan ora piknik disit selama masa karantina ini. Stay at home, ya!





Penulis : Yana Ellisiana Deviasari









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.