Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #41: Nasib UKT Gimana? Mendikbud Dicari Mahasiswa!

Posted: 3 Juni 2020
Comments: 0


Sumber : Medcom.id




Eh rame banget, ada apa si?





Selasa (2/6) BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia) bersama seluruh elemen masyarakat Indonesia melakukan aksi media. Aksi ini dilakukan sejak pukul 12.00-15.00 WIB melalui media sosial Twitter. Bukan cuma Twitter, aksi ini juga ramai dilakukan di media lain, seperti Instagram dan juga Whatsapp.





Lah, awale gimana si?





Dikutip dari Instagram @Bem_SI, aksi ini merupakan tindak lanjut dari itikad baik kawan-kawan Aliansi BEM SI ketika Hardiknas lalu tidak mendapat tanggapan sama sekali dari pihak Kemendikbud. Oleh karena itu, Aliansi Bem SI mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melakukan aksi media. Geger kan lur!





Iyaa ih, emang pas Hardiknas ana apa? Aku kok kudet banget ya?





Ngene, ngene tak jelasin. Jadi, sebenarnya BEM SI ini udah melakukan berbagai upaya supaya bisa melakukan audiensi dengan Mendikbud, tapi sampai saat ini belum ada respon sama sekali, gitu lur!





Bahkan, surat permohonan audiensi untuk Mendikbud ditempuh dengan tiga cara loh! Pertama, mengirim surat fisik melalui Pos Indonesia, kedua melalui media aplikasi pengirim surel, ketiga mengirim surat melalui akun Whatsapp Sekjen Kemendikbud RI. Tuh! Kurang apalagi coba?





Wah, parah sih lur! jadi tuntutannya apa aja nih?





Jadi, kemarin BEM SI meminta beberapa hal di antaranya  pembebasan atau relaksasi biaya kuliah atas dampak penerapan belajar dirumah dan tidak dapat diaksesnya berbagai fasilitas kampus, biaya besar kuota internet sebagai ganti perkuliahan, serta bantuan logistik kepada mahasiwa yang terisolasi di sekitar kampus.





Mantap! Rame ngga tuh?





Wah rame dong, bahkan tagar #MendikbudDicariMahasiswa sampai jadi trending topic nomor 1 dengan lebih dari 15k cuitan di Twitter.









Terus gimana tanggapan Kemendikbud?





Nah ini, jadi Selasa (2/6) Prof Nizam selaku Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menyatakan dukungannya terhadap keputusan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MPRTNI) terkait relaksasi Uang Kuliah Tunggal (UKT).





Seperti yang pernah dibahas, MPRTNI telah memutuskan empat opsi UKT diantaranya pembebasan sementara, pengurangan pergeseran kluster UKT, pembayaran mengangsur dan penundaan pembayaran UKT. Hal ini tertuang dalam Permen Dikti 39/2017 mengenai perubahan UKT, walaupun kebijakan akan tetap diserahkan kepada perguruan tinggi masing-masing.





Semoga dengan adanya aksi ini, Pak Nadiem segera muncul yaa. Aliansi Mahasiswa udah minta audiensi loh, masa dicuekin, Mendikbud ngapain?





Penulis : Sifahannisa









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.