Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #42: Udah Capek Diskriminasi, Ayo Equality!

Posted: 4 Juni 2020
Comments: 0


Sumber : Instagram.com




Lur, ngerti ora tentang #BlackoutTuesday?





Apa si itu?





Tagar BlackoutTuesday sempat ramai di media sosial (2/6) lalu. Ini merupakan bentuk aksi protes terhadap kematian salah satu warga Amerika berkulit hitam bernama George Floyd dalam tahanan polisi berkulit putih Derek Chauvin pada  25 Mei. Aksi protes ini dipelopori oleh pemusik Jamila Thomas dan Brianna Agyemang. Keduanya menyerukan untuk menghentikan sementara kegiatan bermusik diikuti dengan tagar #TheShowMustBePaused untuk menentang ‘rasisme’ dan ‘ketidaksetaraan’.

Ooo.. ini yang lagi rame kae ya?





Bener banget. #BlackoutTuesday ini postingan foto hitam polos di Instagram itu loh! Aksi ini tidak hanya  di media sosial, ada lebih dari 140 kota di AS  yang ramai karena para warganya turun ke jalan untuk aksi demo menyuarakan anti-rasisme.  Kematian Floyd ini bukan satu-satunya pemantik amarah warga AS. Sebab sebelumnya ada dua warga kulit hitam AS yang juga tewas ditembak oleh warga berkulit putih.





Sebenernya kepriwe si kejadiannya?





Jadi gini lur, kejadian ini berawal dari Floyd yang membeli sebungkus rokok dari toko kelontong. Dia membayar dengan uang kertas $ 20, namun uang ini diyakini palsu oleh kasir toko. Akhirnya kasir toko menelpon 911 dan meminta rokok yang dibeli Floyd dikembalikan, tapi Floyd menolak.Tidak lama waktu berselang polisi datang dan menangkap Floyd, namun dalam penangkapan ini terjadi pergolakan. Floyd yang jatuh ke tanah dengan posisi tubuh ditahan petugas, sementara Chauvin menempatkan lutut kirinya di antara kepala dan leher Floyd. Dalam kejadian yang berlangsung selama 8 menit 46 detik ini, Floyd sempat mengatakan "Aku tidak bisa bernapas," namun tidak dihiraukan oleh Chauvin. Selang beberapa waktu Floyd dibawa ke Pusat Medis Hennepin dan dinyatakan meninggal.





Terus saiki pelakunya udah diadili?





Si Chauvin ini akhirnya didakwa pembunuhan tak berencana tingkat dua, hukuman yang akan diterima yakni penjara tak lebih dari sepuluh tahun atau kewajiban membayar denda tak lebih dari 20 ribu dolar AS atau bisa jadi keduanya. Sementara polisi yang berada di tempat kejadian ditangkap sebagai terdakwa yang membantu dan bersekongkol dalam kasus pembunuhan tingkat dua.





Nggak cuma tentang hitam dan putih, tanpa kita sadari diskriminasi masih banyak di sekitar kita.





Kita semua sama, kita setara, nggak ada makhluk yang diciptakan lebih tinggi atau lebih rendah, atas kekurangan atau kelebihan mereka.





Penulis : Fauziah Nur Fitriani









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.