Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #61: Kartu, Kartu Apa Yang Ajaib?

Posted: 22 Juli 2020
Comments: 0


Sumber: Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa




KIP Kuliah dong~~~






Eh coba jelasin dulu dong, KIP Kuliah kuwe apa?
Ngene, ngene. Jadi, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) merupakan program yang diadakan sebagai upaya untuk membantu mahasiswa melanjutkan studi di perguruan tinggi. Sesuai namanya, kartu ini diperuntukan khusus buat para mahasiswa.






Woah keren... Sing bisa daftar KIP Kuliah ini berarti semua mahasiswa aktif?
Betul lur, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sudah berkuliah bisa daftar KIP Kuliah.

Khusus mahasiswa baru tahun 2020 yang mendaftar beasiswa Bidikmisi, bantuannya akan diberikan dalam bentuk KIP Kuliah ini.

Nah mahasiswa yang akan memasuki semester 3, 5, dan 7 juga bisa mendaftar program KIP Kuliah. Bantuan yang diberikan akan berupa bantuan dalam pembayaran UKT/SPP.






Emang berapa nominal bantuan yang bakal dikasih?
Untuk bantuan maksimal yang akan diberikan oleh KIP Kuliah ini, sebesar Rp 2.400.000 lur.






Orang tuaku terdampak COVID-19 nih, jadi kesulitan buat bayar UKT. Aku teyeng daftar KIP Kuliah kiye ora?
Tentu bisa dong!





Berdasarkan Surat Edaran dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Nomor 0589/J5/BP/2020, jumlah kuota mahasiswa Unsoed yang bisa dapet bantuan KIP Kuliah ini yaitu:
1. Semester 1: 795 mahasiswa
2. Semester 3: 367 mahasiswa
3. Semester 5: 574 mahasiswa
4. Semester 7: 869 mahasiswa





Sumber: Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa




Cus daftar!





Berarti nek aku daftar, otomatis keterima?
Nah, nantinya kalau kowe wis daftar program ini, Kemendikbud akan melakukan verifikasi terhadap calon penerima KIP Kuliah sesuai dengan Petunjuk KIP Kuliah dan Bantuan UKT/SPP Tahun 2020. Data final penerima KIP Kuliah bakal dikirim dari Kemendikbud kepada pihak universitas, jadi ditunggu aja yaa.





Oke siap! Apa bae yang harus disiapin nih kalo mau daftar?
Pertama, kowe kudu isi formulir pengajuannya dulu disini: bit.ly/30Ad0Sa





Di dalam formulir itu bakal ada beberapa berkas yang harus diunggah, yaitu:
1. Surat keterangan terdampak COVID-19 (surat PHK, penurunan penghasilan, atau yang lainnya)
2. Surat keterangan tidak sanggup membayar UKT (jika tidak sanggup)
3. Kartu Program Keluarga Harapan (jika ada)
4. Kartu Keluarga Sejahtera (jika ada)





Oh iya, jangan lupa pakai akun TIK/SIA (@mhs.unsoed.ac.id) waktu akses linknya yaa!





Kalau kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut soal KIP Kuliah ini, boleh banget nanya ke Adkesma BEM Unsoed melalui:





• Whatsapp (08987793406)
• Instagram (@batir_unsoed)
• LINE@ (@ftw7190a), atau
• Website (https://adkesma.bem-unsoed.com)










Penulis : Chrisdian Provita Bella










Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah better-1.png




BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!






Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.