Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #64: Kemarin Pasar Wage, Sekarang Giliran Pasar Sokaraja yang Ditutup

Posted: 28 Juli 2020
Comments: 0


Sumber: mediaindonesia.com




Lho kok ditutup? Ada kasus positif Covid-19 lagi ya?





Yup, betul! Penutupan ini dilakukan setelah ditemukan lima orang nang Pasar Sokaraja sing terkonfirmasi positif Covid-19. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Banyumas, Yunianto mengatakan, lima orang kuwe terdiri dari empat pedagang dan seorang petugas keamanan pasar.





Terus pasare tutup sampai kapan?





Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas melakukan penutupan Pasar Sokaraja mulai Senin (27/7) hingga Rabu (29/7). Selama penutupan, petugas bakal menyemprotkan cairan disinfektan nang area pasar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga saat pasar kembali dibuka, pasar uwis benar-benar steril dan para pedagang bisa aman dan nyaman berjualan.





Kiye pertama kalinya ya ana tes swab nang Pasar Sokaraja?





Ora sih. Sebelumnya, nang Pasar Sokaraja wis pernah ana tes swab awal Juli lalu tepatnya Selasa (7/7). Berdasarkan hasil tes swabterhadap 50 orang pedagang, diketahui ada 1 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Nah terus ada tes swab lagi pada 17 Juli kemarin terhadap 150 pedagang dan hasilnya ada 5 orang sing dinyatakan positif Covid-19.





Sebenernya bagus sih kalau pasarnya ditutup, tapi kasihan juga pedagangnya, pasti banyak yang merugi :(





Nah, hal ini juga diungkapkan oleh Ketua Paguyuban Pasar Sokaraja, Triyani. Banyak pedagang sing akhirnya ora mendapatkan penghasilan apapun selama pasar ditutup. Hal ini dikarenakan berdagang adalah satu-satunya mata pencaharian mereka.





Yah terus kepriwe?





Meski sebenarnya keberatan, Ketua Paguyuban Pasar Sokaraja, Triyani mengatakan bahwa jika penutupan dilakukan demi kebaikan bersama, maka mereka akan patuh. Walau dari segi material pedagang memang merasa dirugikan, tetapi rezeki tidak hanya datang dari materi, namun juga kesehatan dan lainnya.





Sebagai informasi, Pasar Sokaraja merupakan pasar tradisional kedua sing ditutup Pemkab Banyumas. Sebelumnya, Pasar Wage Purwokerto juga ditutup menyusul ditemukannya pedagang maupun pengelola pasar yang terkonfirmasi positif Covid-19.





Nah semoga, kalau Pasar Sokaraja uwis mulai buka lagi nanti, pedagang dan pembelinya bisa lebih tertib lagi ya dalam berkegiatan di pasar. Biar pas tes swab selanjutnya, nggak ada yang positif lagi :)





Penulis : Yana Ellisiana Deviasari









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.